Follow Us

Rumah Kopi Sibu-sibu: Kafe Asik di Ambon Yang Merangkum Maluku

Rizki Ramadan - Senin, 10 Oktober 2016 | 14:00
Rumah Kopi Sibu-sibu Ambon
Rizki Ramadan

Rumah Kopi Sibu-sibu Ambon

Kafe menjadi tempat yang sering dicari banyak anak muda kalau lagi melancong ke suatu kota. Apalagi kalau mereka yang emang doyan café hoping, demi mencicipi sensasi tempat dan rasa kopi yang beragam.

Nah, kalau lo termasuk salah satunya, maka jangan lupa sempatkan ke Rumah Kopi Sibu-Sibu jika sedang berkunjung ke Ambon, Maluku. Kafe yang terletak nggak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Said Perintah--tak jauh dari tugu Trikora--ini punya interior dan tentunya menu sajian yang khas Ambon manise.

Pertama kali menginjakkan kaki di kafe, kita langsung seolah disambut oleh Glenn Fredly, Melly Goeslaw, Bob Tutupoly, bahkan Pattimura. Ya, dinding kafe seluas sekitar 5x7 meter ini dipenuhi oleh tempelan poster-poster bintang yang berasal dari Maluku. Selain nama-nama tadi, di sini kita juga bisa melihat poster-poster dari musisi Ambon lainnya yang sudah pamor di nusantara maupun mancanegara seperti Daniel Sahuleka, Melly Manuhutu, Harvey Malaiholo, dan Broery Pesulima.

Pasangan Viktor Manuhutu dan June Manuhutu, pendiri kafe ini memang pencinta budaya Maluku. Saat kuliah di Universitas Pattimura, Viktor Manuhutu tergabung di grup vokal. Tak heran jika di kafenya itu, ia senang mengenalkan musik dari Maluku.

"Rumah kopi ini bukan untuk mencari uang. Ini sebagai ruang budaya,” ucap Viktor seperti di kutip harian Kompas di rubrik Sosok 11 Maret 2016.

Sibu-sibu adalah kata dalam bahasa Maluku yang berarti angin sepoi-sepoi. Tagline kafe ini adalah ”hail buang lansyik sibu-sibu”, yang berarti tempat melepas penat dengan embusan angin sepoi-sepoi. Seperti namanya, kafe ini emang tempat asik untuk berteduh dari teriknya kota.

Soal menu, kita bisa mencicipi sejumlah kudapan khas Maluku seperti kasbi, koyabu, bruder sageru, pulu unti dan pulut siram, sambil menyesap kopi Rarobang, menu utama dari kafe ini. Kopi yang terbuat dari biji kopi robusta ini dicampur dengan bubuk cengkeh, susu, jahe dan ditambahi kacang kenari diatasnya. Ya, kita bisa minum kopi sambil makan kacang sekaligus.

Di kafe ini, sambil menyesap kopi rarobang yang hangat, kita bisa mengakrabi Maluku dalam satu waktu.

Lokasi Rumah Kopi Sibu-sibu

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular