Follow Us

Ini Keuntungan Buat Kamu Yang Punya Wajah Berjerawat

Dimas Yulian - Selasa, 04 Oktober 2016 | 01:00
Ilustrasi kulit wajah berjerawat
Dimas Yulian

Ilustrasi kulit wajah berjerawat

Kamu punya kulit wajah yang berjerawat? Jangan berkecil hati. Buat kamu yang jerawatan sekarang ada satu alasan buat kamu bersuka cita. Seperti dilansir dari situs Kompas.com, Jurnal Investigative Dermatology menemukan bahwa orang yang berjerawat memiliki kulit yang lebih muda.

“Selama bertahun-tahun dokter ahli kulit sudah mengidentifikasi bahwa kulit penderita jerawat tampak menua lebih lambat dibandingkan mereka yang tidak berjerawat seumur hidupnya,” kata Simone Ribero, MD, Dermatolog di Kings College London,

Walaupun belum diketahui penyebabnya, semuanya diperkirakan berasal dari telomere, bagian dari nukletida yang ditemukan pada ujung masing-masing kromosom. Telomere ini digunakan untuk mengukur usia biologis sel.

Telomere memendek ketika tubuh menua, menciptakan sejenis “jam biologis” dalam tubuh. Tetapi telomere beberapa orang memendek lebih cepat dibandingkan yang lain sehingga mereka menua lebih cepat.

Periset mengambil sampel darah dan kulit dari 1.205 orang kembar dan menemukan orang kembar yang wajahnya berjerawat cenderung memiliki telomere lebih panjang. Sehingga kulitnya nggak hanya terlihat lebih muda di permukaan, tetapi juga lebih muda di tingkat selular.

Menurut laporan tersebut, jerawat genetis seringkali berhubungan dengan siklus hormone yang membandel. Tampaknya, gen-gen itu berhubungan dengan jenis jerawat turunan yang juga memberikan efek anti penuaan yang protektif.

Tetapi efek kulit lebih muda ini tampaknya nggak berlaku untuk orang yang menderita jerawat karena faktor lingkungan sehingga jerawatnya tumbuh nggak menentu. Seperti jerawat yang dipengaruhi karena kebersihan kulit yang buruk, polusi, atau pemicu lain dari luar.

Tuh, nggak usah malu!

Source : kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular