Follow Us

5 Buku Ini Keren Untuk Jadi Pegangan Berfilsafat

Rizki Ramadan - Sabtu, 27 Januari 2018 | 07:30
Asik Buku Kurikulum 2013 Gratis
Rizki Ramadan

Asik Buku Kurikulum 2013 Gratis

HAI-online.com - Sebenernya, banyak banget keuntugan yang bisa diambil bagi lo yang sejak muda udah belajar filsafat. Di Indonesia, memang filsafat belum jadi subjek mata pelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan formal lainnya, tapi, bukan berarti lo gak bisa belajar filsafat secara otodidak, loh! Berikut ini adalah buku yang cocok sebagai permulaan dalam belajar filsafat, disarankan buat baca berurut, ya. Haha! Yuk, simak!

Dunia Sophie - Jostein Gaarder

buku Dunia Sophie
Dunia Sophie membuktikan kalau filsafat nggak selamanya sulit dan ditujukan untuk kalangan tertentu aja. Melalui buku ini, filsafat menjadi konsumsi bagi semua jenis kalangan, termasuk kita, para remaja. Dibungkus dalam bentuk novel, Dunia Sophie berisikan sejarah filsafat dari segala zaman. Karena dikemas dalam kisah yang seru, maka mempelajari filsafat melalui buku ini bakal serasa lebih fun dan enteng. Dunia Sophie memang udah dipercaya untuk jadi pegangan para pemula di berbagai penjuru dunia.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Remaja SMA Perlu Belajar Dasar Filsafat

Filsafat Untuk Pemula - Richard Osborne

Buku ini memaparkan perjalanan filsafat dari masa ke masa dan penjelasan mendasar dari pemikiran para filsuf, baik yang melengkapi maupun bertentangan. Ditulis dengan gaya yang unik, buku ini siap mengantar lo ke gerbang dunia filsafat!

Alam Pikiran Yunani - Moh. Hatta

Sebelum kita memperdalam filsafat di era modern atau kontemporer, lebih enak kalau kita mulai dari mempelajari filsafat Yunani. Salah satu caranya bisa ditempuh dengan membaca buku Alam Pikir Yunani, yang ditulis oleh pemikir besar Indonesia sendiri, Bung Hatta.

Phenomenology of Spirit - G.W.F Hegel

Hegel merupakan filsuf besar yang memberi banyak pengaruh terhadap filsuf-filsuf lainnya. Nah, sebelum lo belajar lebih dalam, baiknya lo baca dulu salah satu karya besar Hegel; Phenomenology of Spirit atau juga biasa disebut Phenomenology of Mind. Buku ini secara garis besar berisi tentang pentingnya roh/spirit dalam proses berpikir kita.

Baca Juga: Sherina: Baca Buku Filsafat Itu Penting Buat Ngebentuk Metode Berfikir

Madilog - Tan Malaka

Satu lagi mahakarya filsuf Indonesia buat lo! Madilog adalah singkatan dari Materialisme, Dialektika, Logika. Lahir di tengah kondisi masyarakat yang pada masanya masih feodal, belum berkembang dan mengedepankan tahayul, buku yang berisi panduan berpikir secara praktis dan empiris ini bisa dibilang rebel banget. Untuk lo yang masih muda dan mau belajar filsafat, Madilog cocok banget buat masuk ke daftar bacaan.

Gimana. Siap buat jadi filsuf muda berikutnya?

Oleh Widya Rafifa Salsabila – SMAN 3 Depok | Sebagai bagian dari program 7 Hari Bercerita bersama HAI School Crew, komunitas wartawan SMA majalah HAI

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest