Follow Us

Dari Cilung Hingga Bilung, Ini Dia Jajanan Digulung Yang nge-Hits di Sekolah

Dok Grid - Rabu, 20 Maret 2024 | 09:34
Jajanan Sekolah
Rizki Ramadan

Jajanan Sekolah

HAI-online.com - Untuk para pecinta jajanan, pasti tau dong jajanan-jajanan SD seperti, cilung, kue cubit mini, kue rangi, rambut nenek, dan cilok kan? Untuk kali ini gue akan ngebahas tentang jajanan-jajanan SD serba gulung yang sering kita temui di pinggir jalan atau di SD kita dulu, pasti pada mau nge-flashback lagi kan makanan serba gulung apa sih yang sudah masuk ke perut kita nih? Yuklah kita bahas dibahas dibawah ini!.

CILUNG TELUR

Jajanan cilung atau singkatan dari aci digulung ini pasti sudah sering lo dengar atau mungkin udah sering masuk ke perut lo? Nah, jajanan ini terbuat dari tepung aci yang sudah ditambahkan bumbu tambahan seperti merica lalu dicampurkan dengan telor ayam lalu siapkan beberapa tusuk sate dan tunggu beberapa saat lalu gulung perlahan-lahan, nggak terlalu cepat dan nggak terlalu lama, namun rapih.

Nah setelah selesai dibuat, biasanya di tukang cilungnya ini pun disediakan berbagai macam rasa untuk topping dari cilung itu sendiri, ada yang pedas, manis dan rasa barbeque dan harganya pun tergolong sangat murah sesuai dengan harga kantong anak SD yaitu 1000 rupiah saja untuk setiap satu tusuknya.

BACA JUGA: Bener Banget, Nih, 5 Perbedaan Masa SMA dan Masa Kuliah.

BILUNG

Mungkin jajanan ini jarang lo dengar, tapi jajanan ini nggak jauh berbeda dengan cilung telur hanya bahan utamanya saja yang berbeda, bilung menggunakan bahan utamanya yaitu bihun.

Cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda dengan cilung telur, tinggal siapkan bihun secukupnya taruh di atas wajan yang sudah diisi dengan minyak yang sudah panas lalu campurkan telur diatas bihun tersebut dan tinggalkan beberapa menit dan langsung siapkan tusuk sate dan gulung secara rapih. Untuk rasa dari topping bilung ini tidak berupa bumbu namun berupa kuah yang rasanya ada manis dan pedas, harga dari bilung ini hanya 1000 Rupiah saja untuk setiap satu tusuknya dan dijamin rasanya nggak kalah enak dengan jajanan lainnya dan bikin ketagihan deh!

SOSIS GULUNG MIE

Nah, untuk jajanan yang satu ini, udah sangat familiar di telinga kita kan dan udah sering lo makan dan buat dirumah juga. Jajanan ini merupakan jajanan dengan bahan dasar sosis yang digulung dan direkatkan dengan mie, cara pembuatannya sangat mudah tinggal siapkan wajan yang sudah berisi minyak goreng lalu masukan sosis yang sudah direkatkan dengan mie ke dalam wajan, dan goreng sosis tersebut beberapa menit lalu angkat dan sajikan dipiring, bisa tambahkan dengan saus sambal, saus mayonnaise maupun saus tomat.

Biasanya harga dari sosis gulung mie ini sekitar 2000 Rupiah dengan varian topping rasa yang bermacam-macam.

PAPEDA TELUR

Nah, pasti yang asli pecinta jajanan SD sudah pernah nyobain jajanan papeda telur atau mungkin ada yang belum tau apa itu papeda telur? Jajanan ini dibuat dengan bahan utamanya yaitu tepung sagu dan tepung aci dan telur puyuh ini cara pembuatannya sangatlah mudah yaitu buat adonan tepung sagu dan tepung aci lalu campurkan dengan merica, mecin dan garam lalu buat adonan itu merata, sehabis itu siapkan Teflon yang sudah diolesi oleh mentega dan pecahkan telur puyuh, lalu goyang telur puyuh itu secara merata di Teflon, sehabis itu masukan campuran dari adonan tepung tersebut ke dalam Teflon secara merata lalu diamkan beberapa saat. Siapkan tusuk sate dan mulai gulung adonan tersebut secara merata.

Biasanya para penjual papeda telur ini sering menggunakan bumbu-bumbu yang hampir mirip dengan kerak telor dengan rasa pedas maupun rasa manis dan harganya hanya 1000 Rupiah setiap tusuknya, walaupun harganya murah tapi rasanya tidak kalah enaknya lho!.

Nah, sudah kita bahas nih apa saja jajanan jajanan gulung yang sering kita coba atau kita temuin di jajanan pinggiran jalan maupun jajanan di SD, mungkin jika salah satu jajanan diatas belum pernah lo coba, wajib lo coba sebelum jajanan ini jadi langka! Selamat ber-jajan ria guys!

Oleh:

Fenskha Thaliah – SMAN 90 Jakarta

sebagai bagian dari program 7 Hari Bercerita bersama HAI School Crew.

Editor : optimization

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest