Follow Us

Kalo Bunglon Berada di Ruangan Penuh Cermin, Berubah jadi Warna Apa Ya?

Alvin Bahar - Jumat, 02 September 2016 | 09:30
Bunglon
Alvin Bahar

Bunglon

Bunglon sudah lama dikenal sebagai si jago menyamar, dengan kemampuannya berubah warna kulit sesuai situasi dan kondisi di sekitarnya. Kemampuan kamuflase bunglon menarik minat para ilmuwan untuk meneliti hewan tersebut. Di antara pertanyaan-pertanyaan tentang bunglon, ada satu yang unik dan mungkin bikin kamu penasaran juga: Kalo bunglon berada di ruangan penuh cermin, berubah jadi warna apa ya?

Nggak usah pusing. Nih, ada jawabannya!

Baca Juga: The Secret Life of Pets: Petualangan Seru-Lucu Hewan Peliharaan Ditinggal Majikan

Bunglon jantan

“Warna bunglon bukan sekedar untuk kamuflase,” kata Eli Greenbaum, ahli genetik evolusioner Universitas Texas di El Paso. Warna tersebut juga berubah seiring perubahan suhu atau emosi.

Bunglon jantan jadi emosional ketika mereka melihat pejantan lain yang berpotensi menjadi saingannya di habitat atau dalam perebutan betina.

Baca Juga: 6 Hewan Yang Setia Dengan Pasangannya Sehidup-semati

“Bunglon jantan, dalam banyak kasus, akan berubah warna dalam sekejap sebagai respon ketika ia melihat pejantan lain, termasuk ketika melihat pantulan bayangannya di cermin,” kata Daniel F. Hughes, peneliti di lab Greenbaum.

Bunglon jantan yang melihat “saingannya” dalam cermin akan berubah warna dari hijau menjadi kuning, oranye, atau bahkan merah. Demikian ungkap Michel C. Milinkovitch, ahli biofisika di Universitas Jenewa.

Nah, kalo bunglon betina jadi warna apa? Cek halaman berikutnya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest