Follow Us

3 Tips Aman Berkendara, Anti Tilang!

- Kamis, 01 September 2016 | 03:30
Tips Aman Berkendara di coaching clinic safety riding
Hai Online

Tips Aman Berkendara di coaching clinic safety riding

Dalam berkendara, terutama waktu naik kendaraan roda dua alias motor, banyak banget hal-hal yang mesti kamu perhatikan demi keselamatan diri. Baik keselamatan diri sendiri, maupun diri orang lain di sekitar kita. Kalau kenapa-kenapa di jalan, pastinya bukan cuma kita yang repot, kan? Makanya nih, simak, deh, 3 hal yang dijamin bikin kamu anti tilang, guys!

1. Punya SIM

Yap! Harusnya ketika kita mengemudi kendaraan, baik motor atau pun mobil (atau truk, mungkin?), kita itu kudu punya SIM alias Surat Izin Mengemudi. Tapi faktanya, ada aja, tuh, beberapa orang yang nggak punya SIM. Terutama pelajar kayak kita gini. Buktinya, ada satu dua orang di salah satu SMA yang bilang ke HAI kalau mereka bawa motor ke sekolah, tapi nggak punya SIM. Kan bahaya, tuh!

Lagian, kalau kita nggak punya SIM, kita pasti bakalan nggak tenang sendiri waktu berkendara. Nyari jalan tikus biar nggak ketangkep polisi, atau pun ngebut sana-sini biar luput dari kejaran polisi. Bahaya banget kalo bawa motor dalam kondisi was-was. Duh!

2. Ngantongin Izin Modifikasi

Nggak dipungkiri, terkadang motor itu emang bakal lebih keren kalo dimodifikasi. Dengan modifikasi, pengendaranya pun seolah-olah jadi kelihatan lebih kece lagi. Mau bonceng cewek pun, rasanya muka udah ganteng banget lantaran motornya oke.

Eits, tapi kalo mau modifikasi, kita jangan lupa buat ngurus izinnya dulu, sob! Waktu acara HAI School Clinic with Samsung Galaxy J3 di SMA Yapera, Ciledug, Tangerang, Rabu (31/8), Bripda Satrya G dan Bripda Rizka D dari NTMC Polri pun menegaskan hal ini.

“Motor dimodif? Boleh. Tapi harus ngurus surat-suratnya. STNK juga harus diganti kalo warna motornya ganti. Jadi, ada aturannya,” ujar Bripda Satrya di sela-sela sesi coaching clinic safety riding.

3. Jangan Main HP

Selain kudu hati-hati banget dalam berkendara, kayak nggak ngebut atau ugal-ugalan di jalan, kita juga harus menghindari yang namanya pegang HP atau gadget kita. Ya, kadang bisa aja telepon masuk atau SMS-nya penting banget, tapi kan keselamatan tetap nomor satu. Betul? Makanya, waktu di acara HAI School Clinic tadi, seluruh pelajar SMA juga dikasih tahu fitur terbaru dari gadget keluaran Samsung, J3. Pasalnya, di dalam smartphone tersebut, ada fitur S Bike, yang bikin kita bisa mengatur panggilan masuk mana yang mesti kita angkat karena urgent, atau panggilan masuk mana yang mesti ditunda. Nah, ada juga setting-an untuk membalas pesan masuk secara otomatis, kalau kita lagi bawa motor.

So, kalau kamu udah mengikuti tiga saran di atas, (mudah-mudahan) HAI jamin pengalaman lo di jalan bakal bikin lo aman-aman, deh, dalam berkendara. Amin!

Baca Juga

Peraturan Ganjil Genap Resmi Berlaku di Jakarta! Ini 4 Rute Alternatif Supaya Kamu Nggak Ditilang

Gokil! Dalam Sepuluh Hari Aja, Sebanyak 250 Pelajar Kena Tilang!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest