Follow Us

Dahsyat, Band Indonesia Ini Manggung di World Music Festival 2016 di Eropa!

- Rabu, 24 Agustus 2016 | 03:24
V1MAST Raih Penghargaan Di Festival Folk Eropa
Hai Online

V1MAST Raih Penghargaan Di Festival Folk Eropa

Kabar baik datang dari salah satu grup musik asal Indonesia, V1mast. Band yang diperkuat oleh Viza K. Mahasa (vokal/gitar/gamelan) dan beranggotakan Vais Randi (drum) ini kembali mewakili Indonesia dalam ajang World Music Festival 2016, di Praha, Republik Ceko. Sebelumnya, duo ini juga sempat membawa nama Indonesia berkibar di Dukat Fest 2016, di Bosnia Herzegovina, pada Juni lalu. Nggak sampai tiga bulan kemudian, tepatnya pada 22 Agustus 2016, mereka kembali terbang membawa misi untuk mengharumkan nama Indonesia dalam ajang World Music Festival yang berlangsung mulai tanggal 24-29 Agustus 2016.

Berawal dari mengirimkan aplikasi yang berisi profil, lagu, dan video performance ke EAFF (European Association of Folklore Festivals), tanpa waktu panjang, EAFF langsung memberikan persetujuan atas keikutsertaan mereka dalam ajang musik tingkat dunia tersebut.

V1mast mengaku dengan berbekal pengalaman saat menyuguhkan penampilan di Dukat Fest 2016, mereka kini lebih berani mengeksplor musik Indonesia, menambahkan lagi elemen etnik, namun masih sangat pop, bahkan nge-rock, sehingga panggung dunia bisa menerima musik mereka dengan baik. Viza dan Vais masih ingat takjubnya puluhan ribu penontonakan musik Indonesia saat mereka berlaga di panggung Dukat Fest 2016, Banja Luka, Bosnia dan Herzegovina.

Kegiatan selama di Praha memang cukup padat, diawali dengan undangan langsung dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha, V1MAST akantampil dalam acara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-71 yang dibuat oleh Bapak DutaBesar RI untuk Ceko, Bapak DR. Aulia A. Rachman. Dilanjutkan dengan penampilan dibeberapa tempat di Praha, parade, dan jamuan kenegaraan lainnya. World Music Festivalini diikuti oleh banyak negara, antara lain Israel, Turki, Italia, India, Bolivia, dan masihbanyak lagi.

Mereka dijadwalkan untuk kembali ke tanah air pada tanggal 3 September2016. Dukungan penuh untuk V1mast, kali ini datang dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia yang merasa bahwa apa yang duo ini lakukan untuk negara Indonesia inipatut diapresiasi, “Kami mendukung penuh V1mast dan berharap V1mast dapat mempromosikan karyanya di pasar internasional sehingga musik Indonesia dapat dikenal di mancanegara”, ungkap perwakilan Bekraf yang ditemui Viza K. Mahasa satu hari sebelum keberangkatan V1mast ke Praha.

V1mast juga bekerja sama dengan KBRI dan beberapa brand batik asal Indonesia sebagai official wardrobe mereka selama berada Praha diantaranya adalah Alleira Batik, DAYS by Danar Hadi Batik, dan Fahrezi Batik.

“Alhamdulillah, menang kemarin di Bosnia dan Herzegovina memang membuka banyak peluang untuk V1MAST membawa nama Indonesia ke panggung internasional, kami senang sekali dipercaya untuk mewakili Indonesia, apalagi kali ini Bekraf mensupport 100 % kepergian kami ke Praha, sebagai bentuk usaha anak muda untuk promosi musik Indonesia ke pasar internasional,” ujar Viza.

Lebih lanjut, ia juga menambahkan kalo V1mast telah menyiapkan set performance yang lebih spektakuler dari di Bosnia dan Herzegovina kemarin, lebih berani, lebih eksplor.

“Semoga aja nanti kami bisa menampilkan yang terbaik di WorldMusic Festival 2016. Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 membawa rasa khusus untuk saya dan Vais, selain diundang untuk perform di benua tetangga, yang mana makin buatkita cinta sama Indonesia, kami juga ingin titip pesan buat semua masyarakat Indonesiabahwa jangan takut bermimpi dan mahirlah dalam mengeksekusi, kami sudah buktikan,dan pastinya banyak lagi prestasi yang bisa diraih Indonesia kalau anak mudanya maumengikuti passion. Mohon doa dari semua ya!” ungkap Viza.

Amin, yuk, kita doakan semoga mereka bisa meberi terbaik untuk Indonesia. Untuk kelanjutan cerita tentang V1mast di World Music Festival 2016, pantengin terus infonya di HAI, yah!

Baca Juga

Asik, Shaggydog bakal main di festival musik di Amerika!

Editor : Hai Online

Latest