Follow Us

Terungkap, Ini Alasan Kenapa Gloria Hamel Punya Paspor Perancis?

- Selasa, 16 Agustus 2016 | 05:00
Gloria Hamel's Family
Hai Online

Gloria Hamel's Family

Ira Natapradja, Ibunda dari Gloria Natapradja Hamel meluruskan polemik kewarganegaraan ganda yang sedang menimpa putrinya. Dari penjelasannya ini, kita bakal tahu kenapa Gloria punya paspor Perancis?

Persoalan kewarganegaraan ganda ini menyebabkan Gloria digugurkan sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) karena dianggap bukan warga negara Indonesia setelah diketahui memegang paspor Perancis.

Ira mengatakan, paspor Perancis dibuat Gloria belum lama ini (2014). Ayah Gloria, Didier Hamel diketahui warga negara Perancis. Pada suatu kesempatan, Gloria kerap diajak ayahnya untuk menemui keluarag di Perancis.

Dari foto-foto yang tersebar di Instagram Gloria Hamel, dia beberapa mengunjungi kota Paris dan berpose dengan kakek nenek dari pihak ayahnya.

"Karena dia sering bepergian sendiri ke luar negeri. Dia harus pegang identitas dong. Makanya dia buatlah paspor Perancis," ujar Ira, Senin kemarin.

Ira mengatakan, Gloria masih berusia 16 tahun sehingga belum bisa mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun, Ira memastikan bahwa nama Gloria tercantum dalam Kartu Keluarga (KK).

Gloria, lanjut Ira, lahir, besar dan mengenyam pendidikan di Indonesia, tidak pernah di luar negeri.

Ia berpendapat, seharusnya tidak ada lagi yang mempersoalkan status kewarganegaraan putrinya tersebut.

"Toh anaknya juga sudah memilih (untuk) akan menjadi warga negara Indonesia. Hanya saja kan memang umurnya belum 18 tahun, jadi belum bisa dapat KTP," ujar Ira.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta Brigjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan, pengguguran Gloria telah sesuai dengan aturan undang-undang.

"Dalam UU Nomor 12 Tahun 2006 jelas disebutkan seseorang kehilangan warga negara apabila dia punya paspor (negara lain)," ujar Yosua, di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin siang.

"Ini Gloria sudah punya paspor. Kami cek, dia punya paspor Perancis," lanjut dia. Baca: Kronologi Gloria Ketahuan Punya Paspor Prancis

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest