Follow Us

Apa Itu JKT48 Janken Competition?

Alvin Bahar - Senin, 18 Juli 2016 | 03:30
JKT48 Janken Competition 2016
Alvin Bahar

JKT48 Janken Competition 2016

"Keberuntungan adalah sebagian dari kemampuan," buka JKT48 di video pengumuman JKT48 Janken Competition yang bakal digelar di Balai Sarbini pada 19 Agustus 2016 depan. Kompetisi ini bakal menentukan member-member senbatsu untuk single terbaru JKT48.

By the way, udah tau janken itu apa?

Janken kalo di Indonesia lebih sering disebut "suit atau sut Jepang." Untuk mainnya sama kayak suit biasa, bedanya di jari-jari tangan yang dibentuk aja. Ada “guu” (batu), bila jari tangan dikepalkan membentuk tinju. “Paa” (kertas), telapak tangan dibentangkan memperlihatkan ke lima jari. Dan “choki” (gunting), cukup dua jari membentuk huruf “V”.

Peraturannya mungkin juga kalian udah pada ngerti. Batu akan kalah lawan kertas, karena kertas itu bisa menutupi batu. Kertas akan kalah dengan gunting, karena kertas bisa dipotong oleh gunting. Dan gunting akan kalah lawan batu, karena batu sangat keras dan membuat gunting akan tumpul.

Nah, di JKT48 Janken Competition, dua member akan bertarung lewat janken hingga akhirnya terpilih siapa juaranya. Enam belas peserta terbaik berhak menjadi anggota senbatsu. Si juara sendiri bakal jadi center di single terbaru JKT48. Nggak heran kan kalo di awal video disebut-sebut soal keberuntungan?

Yoi, kompetisi ini bakal jadi kesempatan buat para member yang jarang atau malah nggak pernah masuk senbatsu. Soalnya cuma di event ini member senbatsu yang terpilih nggak dipertimbangkan popularitas, kemampuan, dan prestasinya. Bisa aja, member kayak Melody nggak masuk senbatsu sama sekali.

Kompetisi ini udah jadi agenda rutin AKB48. Setiap tahun, selalu ada turnamen janken. Hadiahnya nggak cuma senbatsu aja. Beberapa tahun belakangan, yang juara bakal dirilisin single solo oleh AKB48.

Serunya juga, para member bebas mengenakan kostum apapun yang mereka suka di acara ini. Ada yang pakai baju daerah asal, baju Power Rangers, dan lainnya.

Kalo di Jepang sana, pertandingan dimulai dengan seruan "Jan-ken-pon!". Nggak tau deh di Indonesia bakal sama juga atau nggak. Penasaran sama turnamen Janken di AKB48? Nih lihat di bawah ini.

Editor : Alvin Bahar

Latest