Follow Us

Jangan Cuma Nonton! Ini 3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Melihat Kecelakaan

Alvin Bahar - Selasa, 24 Mei 2016 | 06:45
Kecelakaan
Alvin Bahar

Kecelakaan

Pernah sebal dengan orang yang cuma ”menonton” kecelakaan yang terjadi di depan mata dan kerap bikin macet? Cukup ironis kalo ini dijadikan budaya. Padahal, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menolong korban kecelakaan.

Menurut Kompol Sugeng Budiono dari TMC Polda Metro Jaya, banyak langkah yang seharusnya dilakukan seseorang saat melihat atau berada di sekitar kecelakaan lalu lintas. Beberapa hal di bawah ini bisa dijadikan pedoman:

1. Menguasai keadaan atau sikap

- Setelah melihat ada kecelakaan lalu lintas, catat kendaraan yang terlibat kecelakaan. Bila kendaraan tersebut ada yang akan melarikan diri, kamu sudah bisa mengenali pelat nomor, jenis, merek, tipe dan warna dari kendaraan tersebut.

- Jauhkan ”penonton” yang berkerumun terutama yang merokok atau yang akan merokok. Menolong korban bila ada, segera diteruskan ke rumah sakit terdekat.

- Mengamankan barang-barang milik korban, jangan sampai dicuri oleh tangan-tangan jahil. Sambil mematikan kendaraan untuk menghindari kemungkinan terjadi kecelakaan yang lebih besar, tutuplah tumpahan bahan bakar.

- Bila pada malam hari hindari penggunaan penerangan dengan api, penerangan hanya dibolehkan dengan menggunakan baterai atau sejenisnya.

Editor : Alvin Bahar

Latest