Follow Us

Efek Virtual Reality

- Jumat, 11 Maret 2016 | 08:30
Efek Virtual Reality
Hai Online

Efek Virtual Reality

Sebenarnya, teknologi ini bukan barang baru. Teknologi ini sudah diperkenalkan beberapa tahun lalu, lewat berbagai media, salah satunya adalah game.

Gampangnya, sih, teknologi ini nggak berbeda jauh kayak teknologi yang kita temukan saat menonton film 3D dengan bantuan kacamata khusus. Bedanya adalah, VR akan membangkitkan suasana 3D dengan sejumlah alat tertentu, dan memungkinkan penggunanya untuk merasakan sensasi di dunia nyata, padahal sedang berada di dunia maya.

Biasanya, VR akan terdiri dari beberapa perangkat. Mulai dari helm, walker, headset, dan sarung tangan (glove). Nantinya, helm yang dikenakan berfungsi untuk membuat tampilan gambar yang dilihat penggunanya tampak lebih realistis dan dekat.

Sementara itu, headset akan memberikan efek suara yang jernih dan jelas, sehingga penggunanyabakal makin larut dalam suasanya nyata yang berusaha diciptakan. Sedangkan walker dan sarung tangan, bertugas untuk menangkap gerakan kaki dan tangan, dan memberikan sensasi nyata pada tangan dan kaki.

Nah, contoh gampangnya, sih, kalau kita lagi main game perang, kita akan merasakan sensasi beradadi medan perang sesungguhnya. Mulai dari beratnya membawa senjata beneran, sampai merasakan kaki yang terjebak dalam lumpur.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest