Follow Us

Cara Melindungi Mata Saat Melihat Gerhana Matahari

- Selasa, 08 Maret 2016 | 02:45
Kapan warga Indonesia bisa melihat gerhana matahari total
Hai Online

Kapan warga Indonesia bisa melihat gerhana matahari total

Gerhana matahari total dan sebagian akan menyapu wilayah Indonesia pada Rabu (9/3/2016) pagi mendatang. Fenomena unik yang jarang terjadi ini tentu menarik untuk disaksikan.

Namun, jangan buru-buru mengarahkan pandangan ke arah matahari. Ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan sebelum menonton sang surya terhalang bulan.

Berikut penjelasannya, sebagaimana dirangkum HAI dari KompasTekno.

Bahaya tersembunyi

Hal pertama yang harus diingat, jangan melihat matahari secara langsung dengan mata telanjang! Ini juga berlaku untuk gerhana matahari total dan sebagian.

Cahaya dari sinar matahari memiliki intensitas sangat tinggi dan bisa merusak retina di belakang bola mata. Kondisi ini dikenal lewat istilah solar retinopathy dan mampu menyebabkan kerusakan permanen.

Memang, matahari saat gerhana bisa lebih "nyaman" dilihat karena seolah meredup. Namun, justru di sinilah letak bahayanya.

Struktur bola mata. Iris melebar dan menyempit untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk, lalu lensa memfokuskan cahaya ke retina. Bagian retina yang berfungsi mengubah cahaya menjadi sinyal listrik ke otak inilah yang rentan rusak terkena cahaya berlebih.

Struktur bola mata. Iris melebar dan menyempit untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk, lalu lensa memfokuskan cahaya ke retina. Bagian retina yang berfungsi mengubah cahaya menjadi sinyal listrik ke otak inilah yang rentan rusak terkena cahaya berlebih. Pupil di lensa mata tak bisa bereaksi dengan tepat dalam kondisi level kontras yang tinggi, seperti yang terjadi saat gerhana matahari ketika langit sekitar berubah gelap.

Bagian pengatur cahaya yang masuk ke mata dengan cara mengatur lebar bukaan iris itu bekerja dengan mengukur cahaya keseluruhan di lingkungan sekitar, bukan obyek yang paling terang.

Alhasil, saat memandang gerhana yang diselimuti langit gelap, pupil mata justru melebar sehingga jumlah cahaya yang masuk dan terfokus di retina meningkat.

Padahal, intensitas cahaya di bagian matahari yang tidak tertutup bulan sewaktu gerhana (baik saat gerhana sebagian maupun "cincin" saat gerhana total) sama dengan waktu-waktu biasa.

Cahaya kuat dari matahari pun bebas melenggang masuk ke mata tanpa bisa dicegah, dan mulai merusak retina. Proses ini berlangsung tanpa rasa sakit sehingga kerap membuat orang tak sadar matanya mulai rusak. Baca Juga: Teknik Motret Gerhana Matahari 2016 oleh Arbain Rambey

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest