Follow Us

10 Pemain Hebat Polesan Emas Sir Alex Ferguson

Rian Sidik (old) - Rabu, 08 Mei 2013 | 11:01
10 Pemain Hebat Polesan Emas Sir Alex Ferguson
Rian Sidik (old)

10 Pemain Hebat Polesan Emas Sir Alex Ferguson

26 tahun berkiprah sebagai manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson memiliki catatan rekor yang bagus. Mulai dari 13 titel Liga Inggris, dua Liga Champions hingga lima Piala FA terpanjang dengan rapih di lemari trofi United.

Belum lagi beberapa rekor seperti kemenangan terbesar kalah menghantam Ipswich Town 9-0 hingga rekor tanpa kekalahan yang dilakukan United dalam 45 laga dari dari 26 Desember 1998 hingga 3 Oktober 1999. Namun ada satu hal lagi yang patut dikenang sebagai salah satu prestasi Fergie.

Pria berusia 71 tahun ini juga dikenal sebagai sosok jenius dalam mengorbitkan pemain-pemain hebat. Fergie's Babes sendiri merupakan kumpulan pemain binaan asli Akademi Manchester United yang berhasil diangkat oleh Fergie.

Sejak 1985 lalu, Fergie setidaknya telah mengorbitkan puluhan nama yang datang dari kkademi maupun dibeli dari klub lain sebelum akhirnya sukses dipoles. Fergie's Babes mengalami dua masa, yaitu pada akhir 80an hingga awal 90an. Siapa sajakah 10 anggota Fergie's Babes tersukses?

Sosok kontroversial yang satu ini belum akan dilupakan para pecinta sepakbola dunia. Apalagi tendangan kungfu yang ia daratkan ke wajah seorang penggemar pada laga kontra Crystal Palace, 25 Januari 1995 lalu mengubah jalan karirnya.

Tetapi di luar sisi kontroversialnya, Cantona dikenal sebagai salah satu striker menakutkan yang pernah dimiliki United. Diboyong dari Leeds United pada 1993 lalu, Cantona sukses menelurkan 195 gol untuk United.

Empat gelar Liga Inggris berhasil ia raih bersama The Red Devils. Ia pun memutuskan pensiun pada 11 Mei 1997. Ia pun masuk ke dalam daftar 100 Legenda Liga Inggris pada 1998 lalu.

Tangguh di udara, gesit di darat. Hanya dengan uang 505 ribu Poundsterling, Sir Alex Ferguson cukup berutung pernah merasakan servis penjaga gawang asal Denmark tersebut yang sebelumnya bermain untuk Brondy.

Dijuluki 'Bargain of the Century', Schmeichel menjadi salah satu kekuatan Manchester United meraih treble winners di musim 1998-1999. Kepiawaiannya menghalau serangan lawan menjadi bukti kunci kesuksesan pengamatan Fergie

22 rekor tidak kebobolannya pada musim 1992-1993 menghantarkan United menjadi kampium Liga Inggris dengan format baru. Schmeichel juga garang di depan gawang lawan kala ia mencetak gol penting ke gawang Rotor Volgograd di ajang UEFA Cup meski akhirnya United tersingkir.

Cepat dan lincah. Talenta Cristiano Ronaldo berhasil ditangkap oleh Sir Alex Ferguson kala Manchester United melakoni lagu uji coba melawan Sporting Lisbon pada 2003 lalu.

Fergie menyingkirkan manajer Arsenal, Arsene Wenger dan manajer Liverpool saat itu, Gerard Houllier untuk memboyong Ronaldo dengan harga 15 juta Euro. Debutnya bersama United kala melawan Bolton langsung menarik perhatian publik.

Editor : Rian Sidik (old)

Latest