Follow Us

Lenka: Tetap Ceria di Sad Song

Raditya Ayu Kristiadi - Selasa, 04 Oktober 2011 | 23:03
Lenka Tetap Ceria di Sad Song
Raditya Ayu Kristiadi

Lenka Tetap Ceria di Sad Song

Nama Lenka memang nggak sepopuler penyanyi solo cewek lain seperti Lady Gaga, Katty Perry, Taylor Swift, Rihanna, atau Beyonce. Meski begitu, kemunculan debut album 'self titled'-nya 2008 silam cukup menarik perhatian banyak penikmat musik.

Paling nggak, lewat dua singelnya 'The Show', dan 'Trouble Is a Friend', namanya jadi perbincangan banyak kalangan, dan kiprahnya diperhitungkan.

Karakter vokal yang manis, dibalut musik indie/ folk pop yang sederhana bisa jadi merupakan kekuatan penyanyi asal Australia yang bernama lengkap Lenka Kripac ini.

Tiga tahun berlalu, dan kali ini Lenka kembali muncul dengan album barunya, 'Two'. Berisi 11 lagu, album ini memajukan 'Heart Skips a Beat', 'Roll with the Punches', dan 'Everything at Once' sebagai singelnya.

Dari segi musik, nggak banyak perbedaan di album ini. Masih kental dengan irama pop ceria dengan nuansa akustik yang dipenuhi lapisan-lapisan brass section, piano, dan suara keyboard/ synth sebagai pemanis aransemen.

Soal aransemen, musik-musik Lenka memang menarik dan kaya akan bebunyian. Di lagu 'Two', misalnya. Di track pembuka ini, suara tepuk tangan menjadi intro, dan menjadi layer penting di lagu ini. Sementara di 'You Will Be Mine' terdengar bebunyian semacam harpa yang dipadukan dengan synth dan beat-beat konstan ala dance pop masa kini.

Lagu-lagu bertempo medium/ up beat emang mendominasi album ini. Bahkan, sebuah lagu berjudul 'Sad Song', yang ada di urutan ke-4 di album ini, sama sekali bukan lagu pelan yang menyayat hati. Alih-alih begitu, lagu ini malah disajikan dengan irama up beat yang ceria.

Tapi bukan berarti Lenka nggak punya lagu pelan. Lenka punya 'Blinded by Love', lagu manis bertempo pelan, yang emang enak buat didengerin sendirian sambil menikmati kegalauan. Halah.

Well, over all album ini cukup menarik. Buat yang suka sama She and Him, atau Regina Spector, album ini layak buat dimiliki.

Editor : Raditya Ayu Kristiadi

Latest