Follow Us

Rush, Pertarungan Tersengit Sepanjang Sejarah F1

- Rabu, 25 September 2013 | 04:14
Rush Pertarungan Tersengit Sepanjang Sejarah F1
Hai Online

Rush Pertarungan Tersengit Sepanjang Sejarah F1

Musim balapan F1 (Formula 1) era 1970-an ternyata menjadi musim paling bersejarah karena adanya catatan dua pebalap sengit yang hidupnya "terburu-buru" (rush) untuk menjadi orang paling cepat di sirkuit balap jet darat kelas dunia.

Adalah pebalap asal Inggris James Hunt (Chris Hemsworth) dan pebalap Austria Niki Lauda (Daniel Bruhl) bersaing mati-matian dalam memenangkan F1 di setiap musimnya. Persaingan keduanya itu sudah terjadi sejak Formula 3. Akan tetapi bentrokan dua rival tangguh ini terus berlanjut hingga keduanya menantang maut di sirkuti Nurburgring, Jerman dalam ajang balapan seri German Grand Prix tahun 1976. Musim ini yang menandai puncak catatan sejarah balapan F1 paling seru dan mendebarkan dari dua penantang maut tersebut.

"The closer you are to death, the more alive you feel," demikian semangat dua rival ini mengartikan balapan yang sesungguhnya.

Meski cuaca buruk, tim balapan ajang Grand Prix di Jerman sepakat untuk tetap diadakan. Padahal perhitungan pebalap berbakat Niki Lauda sudah sangat tepat, pertandingan itu berisiko besar.Imbasnya, Niki mengalami musibah saat ia memasuki lap kedua. Mobil Ferari yang ditumpanginya terpelintir dan terbakar. Niki yang tertahan dalam mobil itu harus ikut terbakar dan mengalami luka berat di bagian kepala, muka dan badannya. Bahkan ia hampir kehilangan nyawa akibat paru-parunya yang kotor karena terkena asap kebakaran.

Meski begitu, kecelakaan itu nggak membuat Niki menyerah. Sekuat tenaga, ia berusaha sembuh_bagian ini mengharukan, sebab lewat dorongan musuh bebuyutannya, James Hunt, proses penyembuhan Niki semakin cepat. Alhasil Niki pun kembali ke arena balapan.

"Tuhan menolong siapa saja yang ingin lebih," demikian kutipan film biopik itu terngiang lagi.

Sutradara "Da Vinci Code", Ron Howard, sepertinya memang sengaja menggarap film "Rush"ini bukan hanya membuat penontonnya berdebar dengan sengitnya arena balapan F1 yang ditampilkan, tetapi juga tegang dengan kisah persaingan James Hunt (Chris Hemsworth) dan Niki Lauda (Daniel Bruhl) di luar sirkuit balap jet darat.

Dengan latar kepribadian yang bertolak belakang, persaingan keduanya semakin menarik dan memberi warna pada ajang Formula 1. Apalagi narasi Niki Lauda membuat penonton tahu kalau di balik persaingan sengit keduanya ada kisah persahabatan dari Hunt yang playboy, dan Niki yang diam dan serius.

Dialog film ini asik, menggambarkan sekali sengitnya dua orang ini. Tapi, nggak ketinggalan aksi dari Olivia Wilde dan Alexandra Maria Lara juga ikut memeriahkan film ini dengan perannya sebagai pasangan Hunt dan Niki. Tetapi, dari semua itu penonton tahu, "Setiap orang mengendarai 'sesuatu'".

Editor : Hai

Latest