Follow Us

Empat Hal yang Bisa Dilakukan Kalau Nggak Lulus SBMPTN

- Senin, 08 Juli 2013 | 10:40
Empat Hal yang Bisa Dilakukan Kalau Nggak Lulus SBMPTN
Hai Online

Empat Hal yang Bisa Dilakukan Kalau Nggak Lulus SBMPTN

Lulus SBMPTN dan jadi mahasiswa di universitas negeri unggulan memang jadi impian kebanyakan pelajar, terutama pasca lulus SMA. Dan selepas jam 5 sore ini, pastinya bakal ada banyak ekspresi sumringah dari teman-teman yang udah berhasil lulus. Selamat. Tetapi sayangnya, hal itu nggak bakalan terjadi ke semua peserta ujian tes tertulis SBMPTN, yang nggak lulus pasti lebih banyak daripada yang lulus. Efek galau akademis pun pasti mau-nggak-mau harus dirasakan sebagian peserta setelah mendapatkan kabar nggak baik, tapi guys, belum tentu kabar nggak baik adalah jalan yang nggak baik pula, malah justru, itulah jawaban terbaiknya. Bingung?

Nah, di sini HAI mau sharing sedikit informasi, bahwa yang namanya nggak lulus SBMPTN tahun ini, maka itu bukan berarti akhir dari masa depan cerah kita, bro! Masih banyak hal-hal menarik yang bisa kita lakuin, meskipun dengan harus menunda duduk di bangku kuliah Universits Negeri.

Berikut ada 4 hal yang bukan cuma ampuh untuk jadi obat anti-galau akademis tetapi juga bermanfaat banget kalau kita mau ngelakuinnya :

1. Universitas Swasta

Banyak yang berpikir kalau nggak kuliah di universitas negeri, maka berkesan kurang prestisius, kurang bonafit, dan nantinya bakal susah cari kerja. Padahal, sekarang semakin banyak universitas-universitas swasta yang diakui mampu bersaing dengan universitas negeri, baik dari segi akademis sampai juga kegiatan non-akademisnya, seperti dalam berbagai UKM yang diadakan kampus swasta.

Selain itu, kualitas lulusan dari universitas swasta nggakbergantung dari nama besar universitasnya, melainkan sejauh mana niat kuliah dan kemampuan alumni mahasiswa dalam mengaplikasikan materi ke dunia kerja nanti. Jadi, coba pikir lagi deh, kalau kamu masihmentokdi universitas negeri. Baca:10 Universitas Terbaik Swasta

2. Les / Kursus

Ini cocok banget buat kamu yang punya hobi dan bakat di bidang yang sama. Dengan fasilitas tempat kursus yang makin lama makin banyak dan makin berkualitas, kamu punya banyak pilihan untuk mengasah kemampuan kamu di satu bidang tertentu. Bakat yang HAI maksud di sini nggak sebatas dalam lingkup akademis aja, bakat di luar akademis seperti hobi dance, menyanyi, bahkan sampai hobi ngulik gitar juga bisa. Siapa tahu melalui kursus, hobi yang selama ini hanya 'iseng' bisa semakin terasah dan perlahan mampu membuahkan hasil yang 'wow'! Selama nggak setengah-setengah ngejalaninya, nggak menutup kemungkinan, hobi seru kamu bisa jadi mata pencaharian, guys!

3. Be an Enterpreneur

Buka bisnis! Yup, ide yang terkesan umum untuk saat ini, tapi nggak sedikit juga lho yang berhasil menjalaninya. Seriusan. Bahkan, bukan cuma orang yang nggak lulus di jalur SBMPTN aja yang sukses, nggak lulus SMA pun, ada yang berhasil karena memilih jalan ini. Mungkin moment ini adalah titik balik kamu untuk mulai berkarya di jalur independen.

Usaha yang kamu buat juga nggak harus seketika menyaingi kesuksesan perusahan multinasional, kok! Kamu bisa mulai dari usaha kecil-kecilan, seperti yang tertarik dengan fashion bisa jualan baju atau denim, yang suka makan bisa jual makanan kecil, dan nantinya bisnis kuliner. Soal pemasarannya juga simpel, boi. Apalagi sekarang udah ada Broadcast Message dari BBM, social network atau bahkan dari mulut ke mulut juga oke! Gimana?

Kalau masih mau tahu lebih banyak soal menjadi entrepreneur, cek dulu deh lhalaman "Heroes Among Us", inspirasi usaha anak muda banyak dikupashabis mulaidari awal hingga mencapai titik sukses mereka. Baca: Kuliahnya Jadi Bos

4. Goes to Holiday!

Ini mungkin saatnya, kamu mengambil waktu liburan yang panjang. Jangan sepelekan, sebab di saat berjalan-jalan, kamu bakalan banyak berpikir, berkontemplasi "mau apa kamu ke depannya", tanyakan langsung padaNya, saat itulah kamu bisa lebih dekat dnegan sang Pencipta. mereka. Oh iya, mengambil liburan ke tempat baru juga pastinya bakal menambah pengalaman jbaru dan pas banget untuk nge-refresh otak dan mood kamu yang mungkin sempet jatuh pas denger pengumuman kalau kamu nggak lulus SBMPTN. Liburan yang asik itu ngggak melulu menguras biaya besar kok. Entah itu ke pulau, gunung, atau tempat wisata lain di Indonesia juga bisa banget memunculkan ide-ide out of the box kamu yang selama ini mampet.

Nah, seru kan tipsnya? Yang pasti kita harus tetappositive thingking,guys! Terusmove onapapun itu kenyataan yang sedang kita hadapi! Yah, beda tipis lah samamove onpasca nggak lulus PDKT! Tapi yang jelas, show must go on. Hidup lo, adalah lo sendiri yang jalani! #YoungExplorer

Editor : Hai

Latest