Follow Us

Banyak Jalan menuju Mahasiswa Baru

- Rabu, 26 Juni 2013 | 06:20
Banyak Jalan menuju Mahasiswa Baru
Hai Online

Banyak Jalan menuju Mahasiswa Baru

Masuk perguruan tinggi negeri emang masih jadi pilihan utama para calon mahasiswa di Indonesia, terbukti dari banyaknya kuota yang mengikuti SBMPTN tahun ini membludak. Meski begitu, pilihan untuk masuk ke universitas swasta di Indonesia nggak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, untuk meneruskan perjuangan akademis kamu, nggak sedikit orang lho yang juga mati-matian mengejar masuk universitas swasta terbaik, dan terkena.

Nah, bagaimana dengan pilihan teman-teman? HAI mau ngasih info nih buat kamu yang nggak mengikuti jalur SBMPTN atau SNMPTN yang udah lewat mana, dan kemudian lebih memilih untuk masuk ke universitas swasta.

Ada banyak jenis jalur penerimaan untuk masuk universitas swasta, yang pertama adalah jalur tes. Nggak jauh beda sama tes SBMPTN, melalui jalur ini, peserta harus mengikuti tes yang diadakan universitas. Biasanya jika nilai hasil tes berada di peringkat atas, calon mahasiswa bisa mendapat potongan biaya kuliah yang pastinya setiap universitas punya ketentuan sendiri dalam hal ini.

Jadi, sudah saatnya move on, dan kamu yang harus gerak sendiri untuk selalu ikut update tanggal ujian dan persyaratannya.

Kedua, buat calon mahasiswa PTS, dan punya prestasi di bidang lain, selain akademis bisa banget mengikuti jalur prestasi. Melalui jalur ini, peserta nggak perlu mengikuti serangkaian tes, cukup dengan menunjukan bukti prestasi kamu. Misalnya, sertifikat, piagam atau piala resmi dari ajang yang kamu ikuti. Jadi sama, kayak SNMPTN.

Ketiga, ada jalur reguler yang cukup dengan menyertakan nilai hasil UAS kamu ke universitas yang kamu tuju. Nilai yang kamu punya minimal harus pas dengan standar nilai yang bisa diterima universitas, tentunya dalam hal ini tiap universitas punya standar nilai yang berbeda-beda.

So, untuk kamu yang ikut SBMPTN tapi masih ragu akan hasil tesnya, coba aja cari info tentang penerimaan mahasiswa baru di universitas swasta yang kamu tuju. Enaknya, jalur penerimaan mahasiswa baru biasanya diadakan dalam beberapa gelombang, jadi kamu bisa tuh ngatur waktu antara puas-puasin nikmati liburan dulu sebelum sibuk sama persiapan masuk universitas. Hehehe.....

Gimana? Buat kamu yang tertarik, dari sekarang udah bisa lho cari-cari info mengenai penerimaan mahasiswa baru di universitas-universitas swasta yang jadi inceran kamu! Semangat bro!

Editor : Hai

Latest