Follow Us

Koleksimu Investasimu

- Senin, 27 April 2015 | 12:06
Koleksimu Investasimu
Hai Online

Koleksimu Investasimu

Kalau sudah suka, apapun dijabanin. Termasuk soal harga, jarak, waktu dan sebagainya. Buat para kolektor, ini udah lama menjadi semacam prinsip paling dasar nggak tertulis yang dipahami dan dipegang teguh. Nggak heran kalau kita sering melihat betapa ngototnya seorang kolektor mendapatkan barang incaran. Atau betapa posesifnya seorang kolektor terhadap barang-barang koleksinya.

Buat para pedagang, perilaku itu jadi satu amunisi tersendiri, tentunya buat mendapat untung lebih dari barang dagangannya. Iya lah. Kan seperti kata pelajaran Ekonomi, harga suatu barang atau jasa ditentukan oleh banyaknya jumlah permintaan dan ketersediaan barang tersebut. Harga, nantinya berfungsi sebagai penyeimbang antara jumlah barang yang diminta sama konsumen dan ketersediaan barang dari para produsen. Berhubung biasanya suplai barang-barang layak koleksi itu nggak sebanyak barang yang diproduksi massal, sudah pasti, harganya jadi bisa lebih "lentur". Alias dimainin sesuai dengan nilai ketertarikan si calon pembeli alias kolektor.

Hasilnya, harga barang-barang macam itu seringkali jauh melambung tinggi di atas batas kewajaran. Contohnya saja vinyl a.k.a piringan hitam. Buat sebagian kolektor lama, harga vinyl sekarang sudah mulai nggak masuk akal. Begitu pula kaset.

"Macam-macam sih penyebabnya, kompleks kalo masalah harga!" jelas Rian Ekky Pradipta, kolektor rilisan fisik musik, yang biasanya dikenal sebagai Rian D'Masiv.

Itu baru vinyl dan kaset. Gimana dengan koleksi mainan semacam action figures atau sneakers yang demamnya nggak kunjung reda justru malah menggila belakangan ini? Semua tentu punya cerita sendiri yang membuat harganya menjadi begitu mahal.

Nah. Di edisi kali ini sengaja kami jembrengin lika liku tentang koleksi dengan melibatkan beberapa kolektor, khususnya vinyl/kaset, action figures dan sneakers. Maksudnya tentu supaya kamu yang dasarnya sudah jadi kolektor barang-barang itu, bisa makin paham. Dan buat yang baru berniat, bisa berhitung untung ruginya sebelum beneran nyebur, alias nggak asal ngoleksi! Klik di sini Guys!

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest