Follow Us

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri: Beda Kampus, Beda Aturan Main

Al Sobry - Senin, 15 Juni 2015 | 05:41
Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Beda Kampus Beda Aturan Main
Hai Online

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Beda Kampus Beda Aturan Main

HAI-Online.com – Siapa bilang kuliah di luar negeri itu mahalnya minta ampun? Asal tahu aturan mainnya, kita bisa sampai nggak mengeluarkan uang sepeser pun lho? Makanya mencari beasiswa kuliah di luar negeri haru tahu beda kampus bakal beda aturan mainnya!

Beasiswa memang selalu jadi solusi untuk urusan biaya pendidikan yang selangit. Nggak heran, saat kita memimpikan bisa berkuliah di luar negeri dan terbentur soal dana kuliah yang sampai ratusan juta, cara yang kita lakukan selanjutnya adalah mencari beasiswa agar dana kuliahnya bisa kita pangkas.

Itu juga yang dipikirkan Prabhu, teman kita dari SMAN 1 Bekasi. Bercita-cita melanjutkan pendidikannya di luar negeri setelah lulus SMA, Prabhu jadi doyan keluar-masuk pameran pendidikan luar negeri. Selain mencari kampus dan jurusan yang tepat, dia juga cari info soal beasiswa.

"Belum tahu juga, sih, mau kuliah di mana. Makanya semua pameran pendidikan gue datangi. Siapa tahu dapat informasi beasiswa dan bisa langsung daftar dari sekarang," bilang Prabhu waktu HAI temui di pameran pendidikan Amerika beberapa waktu lalu.

Sayangnya, setelah keluar masuk beberapa pameran pendidikan luar negeri, Prabhu masih merasa belum mendapatkan informasi beasiswa yang dia butuhkan. Kalaupun dapat, belakangan dia malah kebingungan harus memenuhi persyaratan yang mana? Pasalnya, tiap kampus dan tiap negara punya persyaratan masing-masing soal beasiswa ini.

Akhirnya, alih-alih cepat dapat jalur beasiswa, sekarang Prabhu malah bingung sendiri. Bahkan dia sampai menyimpulkan kalau untuk bisa kuliah di luar negeri itu susah, apalagi untuk mendapatkan beasiswanya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest