Follow Us

5 Karya Ikonik Nokia untuk Industri Ponsel Dunia

- Kamis, 05 September 2013 | 05:03
5 Karya Ikonik Nokia untuk Industri Ponsel Dunia
Hai Online

5 Karya Ikonik Nokia untuk Industri Ponsel Dunia

Dilansir dari Kompas.com, Nokia, nama yang pasti nggak asing lagi di kalangan pengguna ponsel. Perusahaan asal Finlandia ini adalah salah satu pelopor telepon seluler yang mempopulerkan perangkat tersebut hingga ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Microsoft yang baru saja membeli Nokia turut memboyong sejarah panjang perusahaan tersebut, yang bermula pada 1865 sebagai pabrik kertas dan sempat mendominasi pasaran ponsel selama 14 tahun sebelum akhirnya tumbang di era smartphone.

Tentu, selama kiprahnya di bisnis mobile, nggak cuma sekali dua Nokia memberikan kontribusi dan mengubah arah tren ponsel. Nah, berikut ini beberapa "sumbangan" perusahaan tersebut untuk dunia ponsel, sebagaimana dirangkum oleh Cnet.

Pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1992, ponsel ini terlihat lebih mirip telepon rumah ketimbang perangkat portabel yang bisa dibawa ke mana-mana. Nokia 1011 adalah ponsel GSM (Global System for Mobile communications) pertama yang diproduksi massal, sehingga membantu penyebaran teknologi seluler itu menjadi yang paling banyak dipakai di dunia.

Ponsel murah meriah. "Handphone sejuta umat", label ini kerap digunakan untuk menyebut model-model seperti Nokia 3210 dan 5110 yang sangat populer di awal abad ke-21, terutama di kalangan pengguna muda karena relatif terjangkau dan memiliki cover warna-warni yang bisa diganti.

Model-model ini membantu perluasan pasar Nokia dan meningkatkan awareness terhadap merek tersebut. Nama Nokia pun identik dengan ponsel.

Desain unik dan menarik. Tak seperti kini, dulu, ponsel Nokia memiliki bentuk yang beraneka ragam. Perusahaan ini tak takut-takut menjalankan pola pikir "out of the box" dan menelurkan sejumlah rancangan ikonik di dunia ponsel.

Contohnya, Nokia 8110 yang memiliki bentuk melengkung dan faktor bentuk slider yang membuatnya terlihat keren ketika meluncur pada 1998.

Ponsel ini pun menjadi bintang di film pertama trilogi "The Matrix" yang dirilis pada tahun yang sama. Pada masa-masa setelah itu, Nokia terus berinovasi. Rancangan-rancangannya termasuk ponsel berbentuk persegi, dengan keyboard QWERTY, bahkan yang mirip lipstick seperti Nokia 7280 dan 7380.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Hai

Latest