Follow Us

Ngintip Budget Kuliah di 8 Universitas Termahal di Indonesia

- Kamis, 19 Maret 2015 | 12:41
Ngintip Budget Kuliah di 8 Universitas Termahal di Indonesia
Hai Online

Ngintip Budget Kuliah di 8 Universitas Termahal di Indonesia

Selain kampus khusus kedokteran, ada lho beberapa kampus lain yang juga terkenal tinggi biaya kuliahnya. The Raffreds's Dictionary mengurutkan setidaknya 8 universitas swasta ini adalah yang termahal di Indonesia.

Mau tahu Universitas mana saja yang termasuk ke dalam kategori "mahal"? Pastinya kepo juga sama total biayanya, hmm mending intip budget kuliah di 8 Universitas Termahal di Indonesia berikut ini!

Nah, 8 kampus berikut ini telah memenuhi kriteria penilaian oleh The Raffreds's Dictionary baik secara direct maupun indirect, sehingga hasil yang disajikan ini telah valid berdasarkan penelitian mereka pada tahun 2011.

Dengan asumsi total biaya yang doitampilkan selama 8-10 semester, kampus-kampus ini merupakan untuk program S1 reguler dan bukan international class. Sekali lagi, bukan juga biaya sekolah kedokteran, kedokteran gig , atau program studi bidang medis lainnya. Data biaya kuliah juga tidak mencakup biaya sumbangan sukarela, hanya murni biaya pendidikan.

Untuk penilaian kampus termahal, total biaya yang disajikan digolongkan hanya menjadi 2; minimal dan maksimal, disebut termahal karena diurutkan dari total biaya minimal ke maksimal.

Dan terakhir urutan kampus ini dibagi ke dalam 3 kategori : Sangat mahal (minimal 100 juta atau lebih), Cukup mahal (80-100 juta atau lebih ) dan Relatif mahal(range biaya terlalu ekstrim, 50-100 juta atau lebih)

Apa saja, cek satu persatu...

NB; The Raffreds's Dictionary banyak mendapat masukan mengenai universitas-universitas yang seharusnya masuk dalam kategori namun tidak semua dimasukkan. Hal ini dikarenakan universitas tersebut berbentuk akademi, sekolah tinggi, belum mendapat ijin DIKTI, ataupun belum mendapatkan informasi yang valid dan transparan, sehingga data yang tersaji belum dapat diinformasikan lebih lanjut. Minimal ada gambarannya dulu, guys!

Lagian, ada banyak jalan dan cara untuk mengejar sebuah cita-cita, bukan? Seperti juga masuk ke universitas yang sesuai keinginan dan harapan kita, meski biaya termasuk mahal, selalu ada jalan kalau ada kemauan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest