Follow Us

Jurusan Arsitektur : Atas Nama Lingkungan Hidup

- Kamis, 26 Februari 2015 | 11:40
Jurusan Arsitektur Atas Nama Lingkungan Hidup
Hai Online

Jurusan Arsitektur Atas Nama Lingkungan Hidup

Judulnya sih arsitek, tapi yang diandalkan bukan cuma desainnya. Justru ada jurusan "tersebulung" yang bisa membawa perubahan. Penasaran kan?

Arsitek ternyata nggak melulu seperti yang orang pikirkan, yang hanya berkutat dengan gambar desain. Berkacalah dari pengalaman Garuda, mahasiswa Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. Setelah Garuda nyemplung di dunia perkuliahan jurusan Arsitektur. Apa saja yang didapatkannya di jurusan satu ini?

"Arisitek itu ternyata mengajak orang buat peduli lingkungan sekitar dan sosial. Kalau dari segi desain, nggak cuma memerhatikan fungsi, tapi juga memertimbangkan gimana bangungan itu ramah lingkungan atau nggak," cerita garuda soal antusiasmenya di bidang arsitek.

Yap, melihat pesan itu bagi Garuda, Jurusan Arsitek bukan sekadar jurusan biasa melainkan jurusan yang luar biasa lantaran di dalamnya mengemban tugas mulia.

"Kalau kita manusia ber-Tuhan, masuk ke dunia arsitektur pasti memiliki pandangan yang luas. Kita jadi dekat denganNya karena berkaitan dengan kegiatan mencipta dan menggabungkannya dengan unsur seni," ujar Garuda yang awalnya berminat dengan jurusan lain.

Skill Visual

"Kalau soal skill, kemampuan menggambar sih bisa dilatih seiring berjalannya waktu. Tapi yang utama harus dimiliki sebenarnya justru skill visual. Kita harus bisa merasakan apakah bangunan itu sesuai dan nyaman atau ngga," jelas cowok berkacamata ini yakin akan pilihan jurusannya itu.

"Satu lagi yang jadi dasar kenapa gue pilih jurusan ini, yakni skill menghitung yang dikombinasikan dengan darah seni itu seru banget! Kalau yang ini sampai nggak ada, perkuliahanpastinya terhambat. Sebab, jurusan ini nggak bisa disamakan dengan eksak murni, perhitungannya harus dikombinasikan," papar cowok berambut kribo ini bikin sedikit mumet sih, tapi kayaknya hidupnya seru-seru aja, tuh!

Pekan Aristektur

Terlebih buat yang pada dasarnya punya hobi dan bakat di dunia seni, boleh banget tuh, menyemplungkan dirinya ke jurusan ini. Apalagi Himpunan Mahasiswa di Unika Atma Jaya, Yogyakarta ini rutin menggelar pekan arsitektur.

Event yang digelar tahunan ini diantaranya memamerkan karya lomba fotografi, sketsa, dan membuat poster. Seru banget, kan? Llewat event bergengsi ini, smeua bakat mahasiswa bisa tersalurkan, deh!

Bukan cuma satu profesi

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest