Follow Us

Kenali Tanda-Tanda Phobia

Ega Hai - Kamis, 18 September 2014 | 13:19
Kenali Tanda Tanda Phobia
Ega Hai

Kenali Tanda Tanda Phobia

Di balik ketenangan seseorang, pasti kita bakal nemuin ketakutan, kecemasan yang 'nggak masuk' akal, atau yang dikenal phobia. Phobia berbeda dengan ketakutan biasa. Kalau ketakutan biasa obyek yang membuat takut itu emang dianggap ketakutan juga oleh orang lain. Contoh, takut menghadapi UN. Itu sih semua orang juga takut. Tapi kalau takut sama cermin, kupu-kupu atau permen karet?

Baca Juga: 13 Selebriti dengan Phobia Teraneh

"Phobia itu banyak banget, ada phobia yang udah umum kita dengar seperti claustrophobia (takut tempat terbuka), tapi ada juga phobia yang nggak umum kita dengar seperti phobia pada benda-benda cemen yang tadi disebutkan. Karena nggak umum didengar, istilahnya untuk menyebut phobia itu nggak ada," kata Psikolog dari biro Psychological Practice, A. Kasandra Putranto.

Ciri-ciri orang yang phobia itu munculnya rasa cemas, takut, khawatir yang berlebihan terhadap sesuatu yang seharusnya nggak menakutkan. Nah, itu kan dalam bentuk kasat matanya, Kasandra membeberkan tanda-tanda phobia lainnya. Simak nih!

1. Berkeringat banyak walau nggak lagi kegerahan

2. Gemetar

3. Ekspresi mukanya berubah jadi pias atau kicep

4. Lalu, muncul reaksi yang lebay seperti: teriak-teriak atau ngejerit histeris, lari tunggang langgang menjauhi obyek yang ditakutinya, ngumpet dan lain-lain.

Baca Juga:

FOMO Phobia, Ngecek 5 Menit Sekali!

Kenali Bahaya FOMO Phobia

Hanna JKT48 Phobia Sama Badut!

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

Latest