Follow Us

Alasan Beasiswa "Monbukagakusho" Paling Dicari Pelajar Indonesia

- Rabu, 23 November 2016 | 05:30
Alasan Beasiswa Monbukagakusho Paling Dicari Pelajar Indonesia
Hai Online

Alasan Beasiswa Monbukagakusho Paling Dicari Pelajar Indonesia

Jumlah mahasiswa Indonesia di Jepang pada 2014 mencapai 2.410 orang atau 1,8 persen dari total 135.519 mahasiswa asing di Jepang. Jumlah tersebut membuat Indonesia ada di peringkat keenam sebagai negara terbanyak yang mahasiswanya ada di Jepang. Wah, kenapa ya, pelajar Indonesia banyak yang mengincar beasiswa pendidikan dari Pemerintah Jepang atau Monbukagakusho ini?

Salah satu paparan menarik soal beasiswa Monbukagakusho, yakni beasiswa pendidikan di Jepang yang diberikan langsung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia ini adalah beasiswa tersebut datang dari berbagai macam kementerian di Jepang. Jadi akan ada banyak peluang yan bisa diraih calon mahasiswa internasional untuk menimba ilmu di sana. Dengan terkoordinasinya beasiswa pemerintah ini, pilihan bidang ilmu pengetahuan pun beragam.

"Beasiswa Monbukagakusho ini diberikan oleh diantaranya kementerian pendidikan, kebudayaan, olahraga, ilmu pengetahuan dan teknologi Jepang untuk mahasiswa Indonesia berprestasi," kata Tetsuhito Minami, Atase Pendidikan Kedubes Jepang,di acara Japan Education Fair 2014. Acara yang diselenggarakan oleh Japan Student Services Organization (JASSO) bersama-sama Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) beberapa waktu lalu.

Secara total, Minami melanjutkan, ada 8.529 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa jenis ini dari berbagai negara. Sementara itu, Indonesia mengirimkan sebanyak 630 mahasiswanya untuk menempuh pendidikan di Jepang melalui beasiswa tersebut. Maka ditotal-total, saat ini jumlah mahasiswa Indonesia di Jepang mencapai 2.410 orang atau 1,8 persen dari total 135.519 mahasiswa asing di Jepang. Jumlah tersebut membuat Indonesia ada di peringkat keenam sebagai negara terbanyak yang mahasiswanya ada di Jepang. Wih!

"Pelajar Asia masih yang terbanyak dengan presentase 92 persen. Jumlah paling banyak dipegang Tiongkok dengan 81884 mahasiswa, diikuti Korea Selatan dengan 15304 mahasiswa, Vietnam dengan 6290, lalu ada Taiwan yang mengirim 4719 mahasiswanya, dan Nepal dengan 3188 mahasiswa," jelas Minami.

Beasiswa Monbukagakusho merupakan salah satu beasiswa yang diincar banyak pelajar Indonesia. Hal tersebut karena Monbukagakusho memberikan banyak keunggulan dibandingan beasiswa lainnya. "Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, living cost, dan transportasi pesawat. Siapapun yang mendapat beasiswa ini akan dibebaskan dari biaya ujian masuk, biaya kuliah, dan uang pendaftaran," jelas Minami memberikan point terbaiknya.

Selain itu, lanjut Minami, mahasiswa juga akan mendapatkan tunjangan sekitar 143 ribu yen per atau sekitar Rp 16 juta per bulan. *boleh dicatat, dan nggak hanya itu, beasiswa Monbukagakusho juga memberikan tiket kelas pesawat ekonomi pulang pergi Indonesia (Jakarta) - Jepang. Yes, aman banget kan kuliah di sana?

Well, mengenai program, Minami mengatakan jika beasiswa ini terbuka untuk program sarjana, master, dan doktor. Selain itu ada juga program teacher training untuk guru-guru SD, SMP, dan SMA di Indonesia.

Mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ini harus melewati beberapa fase, salah satunya seleksi kelayakan. "Ada beberapa tahap, yakni seleksi dokumen, ujian tulis, wawancara, dan seleksi keseluruhan akhir. Untuk seleksi keseluruhan akhir akan dilakukan di Jepang," ungkap Minami.

Untuk info lebih lanjut, coba klik diwww.id.emb-japan.go.jp.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular