Follow Us

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI)

- Rabu, 04 Maret 2015 | 10:55
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia FIB UI
Hai Online

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia FIB UI

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia menawarkan pendidikan bidang ilmu humaniora meliputi bidang linguistik (bahasa), kesusastraan, sejarah, arkeologi, filsafat, dan ilmu perpustakaan.

Intinya, kampus ini tempat bernaungnya ilmu-ilmu tentang budaya. Fakultas ini sudah ada sejak tahun 1940. Semula bernamaFakultas Sastra Universitas Indonesia. Awalnya, Fakultas Sastra dibuka pada tanggal 1 Oktober 1940 berdasarkan SK pendirian dengan namaFaculteit der Letteren end Wijsbegeerte. Kuliah perdananya dimulai tanggal 4 Desember 1940 silam di gedung Rechts Hogeschool di Jalan Merdeka Barat 13, Jakarta Pusat (sekarang menjadi Departemen Pertahanan dan Keamanan). Pada waktu itu Fakultas ini membuka empat jurusan, yaitu Jurusan Sastra Indonesia, Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu-ilmu Sejarah, dan Jurusan Ilmu Bangsa-Bangsa.

Baru kemudian, nama Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) diresmikan pada tanggal 2 Februari 1950 dari kampus yang masih bernama Universiteit van Indonesie. Namun sejarah telah mengubah keadaan sehingga sejak 1954 nama Belanda tersebut diubah lagi menjadi Universitas Indonesia yang di dalamnya sudah termasukFaculteit der Letteren en Wijsbegeerte(Fakulteit Sastra dan Filsafat, saatnya itu masih 1947).

Kini, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia atau disingkat FIB UI terus mengkhususkan diri dalam ilmu pengetahuan budaya dengan tingkat pendidikan sarjana, magister, sampai doktoral, serta pengelolalaan lembaga-lembaga penelitian yang terkait dengan bidang studi rumpun ilmu Sosial dan Humaniora.

Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora yang dimaksud meliputi Program Studi Arab, Program Studi Belanda, Program Studi Cina, Program Studi Sastra Daerah (Jawa), Program Studi Indonesia, Program Studi Inggris, Program Studi Jepang, Program Studi Jerman, Program Studi Prancis, Program Studi Rusia, Program Studi Sejarah, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Program Studi Filsafat, Program Studi Arkeologi, dan Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea.

Untuk lebih info visualnya, ini FIB punya video pengenalan kampus yang paling terbaru!

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest