Follow Us

Institut Teknologi Bandung (ITB) - Kampus Teknologi Tertua di Indonesia

- Senin, 02 Maret 2015 | 12:57
Institut Teknologi Bandung ITB Kampus Teknologi Tertua di Indonesia
Hai Online

Institut Teknologi Bandung ITB Kampus Teknologi Tertua di Indonesia

Institut Teknologi Bandung atau disingkat ITB adalah sebuah kampus negeri yang terletak di Bandung, Indonesia. Pertama kali didirikan pada tahun 1920_dulunya Technische Hoogeschool te Bandoeng atau THS. Namun, kini ITB sudah merupakan universitas teknologi yang berorientasi sebagai kampus teknologi tertua di Indonesia.

Butuh Tenaga Teknik (dulu - sekarang)

Sejarah ITB bermula sejak awal abad ke-20, atas prakarsa masyarakat penguasa waktu itu. Gagasan mula pendiriannya terutama dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama. Sebelumnya, De Techniche Hoogeschool te Bandung berdiri tanggal 3 Juli 1920 dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw.

Didorong oleh gagasan dan keyakinan yang dilandasi semangat perjuangan Proklamasi Kemerdekaan serta wawasan ke masa depan, Pemerintah Indonesia akhirnya meresmikan nama Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959.

Berbeda dengan harkat pendirian 5 perguruan tinggi teknik sebelumnya di kampus yang sama, ITB lahir dalam suasana penuh dinamika mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berpijak pada kehidupan nyata di bumi sendiri bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.

Akreditasi Internasional

Setelah bertahun-tahun mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai A untuk sebagian besar program studinya, pada 2011 dua program studi ITB meraih akreditasi internasional dari Accreditation Board for Engineering and Technology(ABET) yang merupakan badan akreditasi independen terkemuka di Amerika Serikat (AS). Program studi yang mendapatkan akreditasi dari ABET adalah Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Teknik Kelautan.

Pada pertengahan Agustus 2012, ITB kembali meraih akreditasi internasional untuk dua program studi lainnya yaitu Program Studi Teknik Kimia dan Program Studi Teknik Fisika. Kini ITB telah memiliki 4 program studi yang terakreditasi secara internasional, dan juga satu-satunya PTN di Indonesia yang memiliki akreditasi secara internasional dari ABET.

Dengan diraihnya akreditasi ABET, ada jaminan bagi para calon mahasiswa dan orang tua untuk memilih institusi pendidikan yang berkualitas baik secara nasional maupun internasional. Bahkan, lulusan ITB mulai tahun 2012 akan mendapatkan ijazah tak hanya akreditasi BAN-PT tetapi juga terdapat logo ABET yang membuktikan bahwa lulusan ITB telah terdidik dengan standar internasional, terlembaga dan juga tersertifikasi resmi.

Fasilitas dan Lingkungan Kampus

Yang terbaru, sejak tanggal 14 Oktober 2013, ITB telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik sebagaimana diatur Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2013 tentang STATUTA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG.

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest