Follow Us

Mengenal Profesi Medical Representative

iamalvin - Senin, 23 Februari 2015 | 04:57
Mengenal Profesi Medical Representative
iamalvin

Mengenal Profesi Medical Representative

Banyak orang yang belum mengetahui profesi yang satu ini. Padahal karena Medical Representative dokter ataupun prescriber bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai obat, cara pengobatan, teknik pengobatan, maupun alat kesehatan yang bisa menunjang keahlian Dokter maupun prescriber.

Medical Representative bisa didefinisikan sebagai duta perusahaan/seseorang yang dipercaya untuk mewakili perusahaan guna mempromosikan produk secara professional, kredibel, dan berintegritas. Istilah lainnya adalah Detailer, karena dalam melaksanakan tugasnya, seorang Medical Representative harus mampu menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan secara detail kepada customernya.

Medical Representative dibutuhkan oleh perusahaan farmasi sebagai perpanjangan tangan agar produknya diketahui oleh dokter atau prescriber. Produk yang ditawarkan adalah produk yang memerlukan resep agar bisa dikonsumsi oleh pasien. Biasanya produk tersebut memiliki tanda khusus, yakni Red Dot, alias lingkaran merah yang berarti tidak dijual bebas dan memerlukan resep dokter.

Saat ini ada sekitar 199 perusahaan farmasi yang beroperasi di Indonesia. Apabila masing-masing perusahaan farmasi tersebut memiliki 200 Medical Representative, maka total jumlah Medical Representative yang ada adalah 39.800 orang. Banyak banget kan? Nah, dikarenakan turn-over di perusahaan farmasi tinggi, maka kebutuhan akan tenaga Medical Representative akan selalu tinggi, bahkan jumlahnya akan semakin meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk, dokter atau prescriber. Jadi peluang lulusan farmasi menjadi seorang Medical Representative sangat terbuka lebar!

Syarat untuk memasukkan lamaran sebagai seorang Medical Representative sangatlah mudah, biasanya perusahaan farmasi hanya mensyaratkan hal-hal sebagai berikut:

Lulusan D3 atau S1 dari segala jurusan, namun jurusan eksak dan farmasi biasanya jauh lebih disukai (meskipun ada beberapa perusahaan dalam negeri yang mau menerima lulusan SMU)Usia maksimal 27 tahun (untuk fresh graduate, dan maksimal 30 tahun untuk yang telah berpengalaman)Mau ditempatkan di seluruh IndonesiaMemiliki SIM C , karena kendaraan operasionalnya adalah sepeda motorMemiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus, penuh semangat dan antusiasme tinggi

Source : Ayah Safa

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest