Follow Us

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

- Jumat, 20 Februari 2015 | 10:58
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Hai Online

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada atau yang sering dikenal dengan sebutan UGM adalah universitas negeri tertua di Indonesia yang telah didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan diresmikan pada tanggal 19 Desember 1949di Daerah Istimewa Yogyakarta.

UGM identik dengan Yogyakarta dan sebutan kota pelajarnya. Memang, selain kampus UGM, di kota ini ada banyak juga berdiri perguruan tinggi baik negeri maupun swastanya. Namun, tetap salah satu perguruan tinggi yang terkenal di kota gudeg ini adalah UGM. Dari sana mungkin, banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi tersebut. Meski proses penyaringannya padat, para pelajar rela mengantre saringan masuk kampus yang bertempat di Bulaksumur Yogyakarta itu.

Kampus satu ini pun sering disebut sebagai kampus kerakyatan lho, pasalnya UGM mendedikasikan setiap ilmunya untuk masyarakat. Selain itu UGM juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia.

Sejarah Berdirinya UGM

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang sudah ada 18 Fakultas yang eksis direbutin calon mahasiswa dari berbagai kota. UGM juga memiliki sekolah Pascasarjana (S-2 dan S-3), serta satu Sekolah Vokasi.

Lokasi sebagian besar fakultas ada dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada yang terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Dengan menerapkan area educopolis, UGM mengambil langkah untuk menjadi universitas yang menciptakan lingkungan kondusif bagi berlangsungnya proses pembelajaran. Upaya ini diambil dalam rangka mengembangkan kolaborasi multi-disiplin dan menanggapi isu-isu ekologi dalam rangka mencapai visi universitas.

Beberapa langkah-langkah yang ditempuh kampus ini adalah ingin mengurangi polusi dan emisi gas buang kendaraan, pengembangan area pejalan kaki, pembatasan kendaraan yang masuk kampus, pembangunan asrama baru di kampus, dan pengembangan kantong parkir, serta menanam pohon-pohon hijau di sekitar kampus.

18 Fakultas di UGM

Memegang predikat sebagai salah satu universitas favorit di Indonesia, Universitas Gadjah Mada tentu ingin menjadi kampus yang bisa diandalkan kaum muda. Dengan menyediakan berbagai fakultas dari ragam disiplin ilmu yang berbeda, UGM berharap akan mampu mengakomodir semua keinginan dari banyaknya calon mahasiswa yang mendaftar.

Berikut ini adalah fakultas-fakultas yang ada di Universitas Gadjah Mada. Fakultas-fakultas ini bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan tentu saja kemampuan.

Fakultas BiologiFakultas Ekonomi dan BisnisFakultas FarmasiFakultas FilsafatFakultas GeografiFakultas HukumFakultas Ilmu BudayaFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikFakultas KedokteranFakultas Kedokteran GigiFakultas Kedokteran HewanFakultas KehutananFakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)Fakultas PertanianFakultas PeternakanFakultas PsikologiFakultas TeknikFakultas Teknologi PertanianSekolah Vokasi

Halaman Selanjutnya

Fakultas Biologi
1 2 3

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest