Follow Us

Universitas Indonesia, Jakarta

- Selasa, 17 Februari 2015 | 05:00
Universitas Indonesia Jakarta
Hai Online

Universitas Indonesia Jakarta

Universitas Indonesia dulunya di Jakarta, pada 1849 kampus ini berawal dari sekolah tinggi khusus ilmu kedokteran. Sekarang, Universitas Indonesia sudah menjadi universitas terbaik, terkemuka, modern, komprehensif, terbuka, multi-budaya, dan humanis. Bukan tanpa sebab, kalau universitas yang akrab disingkat UI ini meraih banyak prestasi dan memegang predikat sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik, terhijau dan juga terfavorit.

Berawal dari sekolah tinggi khusus ilmu kedokteran (Dokter DJawa School-1849), kampus yang semula berlokasi di Salemba, Batavia (Jakarta) ini bertransformasi menjadi Universiteit Indonesie (1950-1954). Baru kemudian setelah rektor pertama UI, Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio memimpin, kedudukan gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6 tersebut dipindahkan ke salah satu bangunan bekas pabrik madat di Jl. Salemba Raya no. 4, Jakarta. Maka, secara resmi juga kampus ini menjadi Universitas Indonesia pada 2 Februari 1951 silam. Sampai sekarang, UI merayakan Dies Natalisnya setiap tanggal tersebut, dan secara simultan kampus ini berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia.

Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan. Sementara itu, UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin ilmu yang ada dilingkupnya.

Karena berdiri pada tahun 1849, Kampus UI menjadi representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia. Kampus ini telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni, bahkan secara berlanjut peran penting kampus ini ada di level nasional dan dunia. Bagaimanapun UI tidak bisa melepaskan diri dari misi terkininya menjadi institusi pendidikan berkualitas tinggi, riset standar dunia dan menjaga standar gengsi di sejumlah jurnal internasional nomor satu.

Kini, pada zaman modern, UI memiliki banyak program studi yang dikelola oleh 13 fakultas dan 2 program khusus lanjutan dan terapan. Fakultas dan program tersebut adalah sebagai berikut:

· Program Studi Fakultas Kedokteran

· Fakultas Kedokteran Gigi

· Fakultas Ilmu Keperawatan

· Fakultas Farmasi

· Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

· Fakultas Teknik

Halaman Selanjutnya

· Fakultas Hukum
1 2 3

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest