Follow Us

Gitaris Iced Earth Jon Schaffer Ngaku Salah di Kerusuhan Gedung Capitol

Mohammad Farras Fauzi - Minggu, 18 April 2021 | 18:00
Jon Schaffer, Iced Earth
commons.wikimedia.com

Jon Schaffer, Iced Earth

HAI-ONLINE.COM - Gitaris Iced Earth Jon Schaffer mengaku bersalah atas dua dakwaan terkait keterlibatannya dalam kerusuhan Capitol AS pada 6 Januari.

Gitaris metal itu mengaku menghalangi jalannya sidang resmi dan memasuki gedung dengan senjata berbahaya (membawa semprotan beruang). CNN melaporkan bahwa hukuman penjara antara 3,5 sampai 4,5 tahun telah diusulkan, berdasarkan rekomendasi bersama antara jaksa dan pengacara Schaffer.

Menurut stasiun TV Indiana WUSA9, Schaffer muncul di pengadilan pada hari Jumat minggu lalu (9 April) untuk memasukkan pengakuan bersalahnya, dengan Hakim bertanya kepadanya: "Apakah Anda mengaku bersalah, Mr.Schaffer, karena Anda telah terbukti bersalah?" yang langsung dijawab dijawab Schaffer "Yes, Sir. "

Baca Juga: Beda Kasta, Remaja Cowok Ini Ketahuan Pacaran dan Dihukum Minum Air Kencing

Hakim Federal Amit Mehta akan memutuskan lamanya hukuman penjara bagi musisi tersebut, yang bisa mencapai 20 tahun.

Kesepakatan pembelaan dilaporkan telah dikerjakan selama beberapa minggu, dengan Schaffer ditanyai tentang hubungannya dengan organisasi milisi Oath Keepers. Selama pemberontakan, Schaffer memang tertangkap kamera sedang mengenakan topi bisbol Oath Keepers Lifetime Member.

Meskipun begitu, Jon Schaffer mungkin menawarkan informasi tentang Oath Keepers sebagai bagian dari kesepakatan pembelaannya.

Hukuman Schaffer telah ditunda selama 60 hari, yang berarti dia bisa bebas sampai sidang. Namun, di bawah perintah Hakim, dia harus tunduk pada pengawasan pengadilan di Distrik Utara Indiana, menyerahkan paspornya, dan tinggal di luar DC kecuali untuk sidang pengadilan dan pertemuan hukum. Dia juga tidak diperbolehkan memiliki senjata api atau alat peledak.

Baca Juga: Serahin Diri ke FBI, Vokalis dan Bassis Iced Earth Resmi Cabut dari Band

Setelah keterlibatan Schaffer dalam kerusuhan Capitol, Stu Block dari Iced Earth dan bassis Luke Appleton keluar dari band. Tampaknya gitaris Jake Dreyer juga telah meninggalkan band, menurut Consequence Of Sound.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest