Follow Us

Sebenarnya Oli Bisa Kadaluarsa atau Nggak? Nih, Jawaban dari Ahlinya

Agung Mustika - Jumat, 22 Februari 2019 | 17:30
Apakah oli mesin bisa kedaluwarasa atau nggak?

Apakah oli mesin bisa kedaluwarasa atau nggak?

HAI-Online.com - Mungkin lo pernah ngelihat kemasan oli lama yang sudah berdebu di pojokan bengkel, mau beli tapi takut kenapa-kenapa.

Nah, yang jadi pertanyaan, apakah oli mesin bisa basi atau kedaluwarsa kayak makanan atau nggak?

Menurut Totok Subagyo, Brand Small Engine Oil Manager PT Pertamina Lubricants, oli nggak akan kedaluwarsa selama kemasannya nggak terbuka.

“Oli tidak ada kedaluwarsanya, selama penyimpanannya baik dan tidak ada kontaminan yang masuk,” kata Totok kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Harus diingat apabila tempat menyimpan oli yang nggak baik, misalnya di tempat terbuka maka setelah setahun disimpan, oli harus dites kandungan kontaminannya sebelum digunakan.

Baca Juga : Link Live Streaming Piala AFF U-22 Timnas Indonesia vs Kamboja - Garuda Muda Wajib Menang!

Totok menyebut ada tiga 'musuh' utama oli, di mana ia bisa sangat mudah tercampur seandainya kemasan tidak tertutup sempurna.

Tiga musuh oli tersebut yaitu debu, air, dan oksigen.

“Selama oli enggak tercampur debu, air dan oksigen, maka aman-aman saja,” papar Totok.

Oli akan mengalami oksidasi kalo terkontaminasi dengan oksigen, maka hasilnya oli yang sudah kental bisa berubah menjadi endapan yang lebih kental dan lengket.

Kalau oli yang tercampur dengan debu dapat membahayakan mesin, debu bisa saja mengandung silika (zat tajam tapi halus), mesin bakal baret jika digunakan.

Sementara kalau air yang tercampur dengan oli, bisa merusak jeroan mesin.

Jadi kalau kamu dapat oli yang kemasannya sudah debuan tapi belum ada kebocoran di kemasan dan masih tersegel sempurna, enggak perlu khawatir karena masih bisa digunakan dipakai, tuh, olinya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest