Follow Us

Masih Muda tapi Rambut Beruban, Coba Atas dengan 5 Cara Simpel Ini!

Al Sobry - Selasa, 19 Februari 2019 | 10:05
Masih Muda tapi Rambut Beruban, Coba Atas dengan 5 Cara Simpel Ini!

Masih Muda tapi Rambut Beruban, Coba Atas dengan 5 Cara Simpel Ini!

HAI-Online.com - Tahukah kamu bila kulit dan rambut memiliki zat warna yang disebut dengan melanin. Ada dua jenis melanin, yaitu eumelanin yang berwarna coklat gelap atau hitam dan pheomelanin yang berwarna kuning kemerahan.

Nah, keduanya dibuat oleh sel melanosit yang berada di akar rambut dan di bagian bawah lapisan kulit paling luar (epidermis). Walaupun warna rambut itu berbeda-beda, utamanya dipengaruhi oleh ras, iklim, nutrisi, lingkungan tempat tinggal, dan saat usia bertambah tua warna rambut akan berubah menjadi putih atau abu-abu. Rambut yang memutih ini lebih dikenal dengan uban.

Pada tahapan awal, ujung rambut akan berubah menjadi keabuan dan akhirnya memutih secara keseluruhan. Ini disebabkan karena melanosit yang berada pada akar rambut menjadi nggak aktif, menurun jumlahnya, dan lama-lama akan hilang.

Memutihnya rambut menjadi salah satu tanda penuaan karena biasanya muncul pada usia 30 tahun ke atas. Namun, beberapa orang ada yang sudah memiliki uban di usia muda, yaitu sekitar usia 20 tahun. Kondisi ini disebut juga dengan ubanan dini.

Baca Juga : Ini Dia 3 Tren Gaya Rambut Cowok Paling Hits 2019! Mana yang Favorit?

Untungnya, ada solusi alami yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rambut beruban sejak dini.

1. Bikin Ramuan Rambut ala Rumahan

Yap, ramuan ini ampuh membalikkan rambut yang berwarna abu-abu tersebut, kembali menghitam alami.

Begini caranya: Siapkan madu, tiga siung bawang putih, empat buah lemon (dikupas), dan minyak biji rami sebanyak 200 mililiter.

Potong lemon dan bawang putih menjadi irisan kecil, lalu hancurkan. Selanjutnya, tambahkan madu dan minyak biji rami secukupnya. Aduk sampai rata sehingga jadi homogen.

Terus, ambil satu sendok makan campuran tersebut dan konsumsi dua kali sehari, sebelum makan. Lakukan hingga ramuan habis atau hingga rambut kembali menghitam.

Nggak perlu cemas, kamu bisa mencegah uban di usia muda ini dengan kiat-kiat jitu yang mudah dilakukan, seperti berikut ini.

Halaman Selanjutnya

2. Beli nutrisi rambut
1 2 3

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest