Follow Us

Anak Muda Mesti Paham, Ini 10 Istilah Politik yang Sering Muncul di Masa Kampanye

Dewi Rachmanita - Selasa, 19 Februari 2019 | 16:10
Ilustrasi pemuda mengikuti pemilu
iStockphoto

Ilustrasi pemuda mengikuti pemilu

Hai-Online.com - Sekarang lagi masa kampanye nih bro, baik untuk Pilpres maupun Pileg. Udah kerasa kan suasana ramainya? Berbagai istilah politik mulai makin marak hadir, terutama di media sosial dan pemberitaan.

Buat lo yang masih bingung, HAI pun 10 istilah politik lengkap dengan artinya nih yang belakangan sering muncul di masa kampanye ini.

1. Elektabilitas

Berdasar KBBI, elektabilitas punya arti kemampuan atau kecakapan untuk dipilih menduduki suatu jabatan dalam pemerintahan. Lebih jauh, elektabilitas bisa diartikan sebagai tingkat keterpilihan yang disesuaikan sob dengan rkiteria pilihan.

Semakin tinggi angka elektabilitas, berarti semakin tinggi pula daya pilih hal tersebut. Biar tinggi, tentunya mesti memenuhi kriteria keterpilihan tertentu dan meraih popularitas.

2. Pemilu serentak

Pemilu serentak merupakan proses pemilihan umum, baik Pemilhan Presiden dan wakilnya dan pemilihan anggota legislatif yang dilakukan secara bersamaan.

3. Koalisi

Koalisi merupakan kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara dalam parlemen. Sifat aliansi kayak gini bisa sementara atau berasas manfaat bro.

4. Oposisi

Kebalikan dengan koalisi, oposisi berarti partai penentang di dewan perwakilan dan sebagainya yang menentang dan mengkritik pendapat atau kebijaksanaan politik golongan yang berkuasa. Bisa dibilang, berlawanan dengan pemerintah.

Baca Juga : Pada 2009, Tulisan Opini Dari Efek Rumah Kaca Ikut Mengawal Pemilu

Halaman Selanjutnya

5. Konstitusi
1 2 3

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest