Follow Us

Perubahan Iklim Makin Nyata: Kini Beruang Kutub Invasi Pemukiman Warga Gara-gara Es di Antartika Mencair

Ricky Nugraha - Jumat, 15 Februari 2019 | 18:25
Beberapa beruang kutub yang invasi pemukiman warga untuk mencari makan
cbc.ca

Beberapa beruang kutub yang invasi pemukiman warga untuk mencari makan

HAI-online.com - Beruang kutub umumnya hidup di kutub dan berkeliaran di daratan beku untuk berburu anjing laut atau ikan-ikan sebagai makanan mereka.

Namun, perubahan iklim yang makin parah terjadi belakangan ini, menyebabkan es di Antartika mencair dengan cukup signifikan, sehingga para beruang kutub ini pun mulai berpindah tempat akibat kelaparan.

Sekitar 52 beruang kutub terlihat berkeliaran dekat Belushya Guba (bagian dari kawasan Novaya Zemlya), Rusia, yang memiliki populasi kurang lebih 2000 orang.

Beberapa beruang kutub ditemukan tengah mengais makanan di tempat pembuangan sampah, bahkan ada yang memasuki gedung perkantoran dan perumahan warga.

Baca Juga : Ternyata Narkoba Paling Mematikan di Dunia Bernama Kecubung!

Jika terus menerus mengonsumsi makanan yang nggak layak, kondisi tubuh beruang-beruang tersebut tentunya akan memburuk. Untuk beruang betina dapay berimbas ke sistem reproduksinya.

Invasi beruang kutub ini juga membuat aktivitas warga terganggu. Para orang tua juga takut mengizinkan anak mereka pergi ke sekolah.

Lembaga survei geologis asal Amerika menyatakan, hingga 2050, 2/3 populasi beruang kutub dapat musnah akibat menipisnya daratan beku.

Oleh sebab itu, warga telah diberikan peringatan untuk nggak berburu atau menembak beruang yang berkeliaran tersebut agar jumlahnya nggak semakin berkurang.

Baca Juga : Ternyata Ada Banyak Kata Bahasa Indonesia Yang Diserap Bahasa Inggris. Ini 10 Di Antaranya

Akivitas beruang ini mulai meningkat sejak bulan Desember lalu, dan mereka menjadi makin agresif. Para beruang kutub bahkan menyerang orang-orang dan masuk ke rumah-rumah.

Sebagai gantinya, pemerintah telah mengirimkan tim ahli dan satuan tugas khusus ke pulau itu untuk memantau situasi dan melindungi warga.

Source : nationalgeographic.grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest