Follow Us

Menebak Cara Berpikir dan Kepribadian Seseorang Berdasarkan Selera Musiknya

Agung Mustika - Rabu, 13 Februari 2019 | 14:39
Mendengarkan musik
iStockphoto

Mendengarkan musik

HAI-Online.com - Di dunia ini siapa coba yang bisa hidup tanpa musik? Nggak ada! Bahkan kalo dirata-rata menurut penelitian, 20 persen hidup kita berdampingan dengan musik.

Tapi pengalaman kita menikmati musik banyak yang masih menjadi misteri. Dalam satu aliran tertentu, musik bisa bikin kita bahagia, optimis, bahkan bisa mendadak bikin kita joged.

Ada juga jenis musik tertentu yang bikin kita meratap, tersendu-sendu, bahkan menangis.

David Greenberg, akademisi psikologi dari Universitas Cambridge, bersama rekannya baru aja ngerilis penelitian yang ngungkapin hubungan antara selera musik dan cara berpikir.

Dilansir dari laman The Independent, seenggaknya ada 3 pengelompokan yang dibikin Greenberg terkait penelitiannya. Antara lain kelompok Empati (E) yang punya ketertarikan kuat pikiran dan emosi orang-orang.

Selanjutnya ada kelompok Sistemis (S) yang lebih mengutamakan pola, sistem, dan aturan-aturan yang ada di sekelilingnya.

Terus ada juga kelompok Balance (B) yang secara relatif bisa punya cara pemikiran Empati dan Systemis yang relatif seimbang.

Sebuah penelitian pada satu dekade yang lalu ngungkapin kalo 95 persen manusia bisa masuk dalam ketiga kelompok itu dan terungkaplah bagaimana sifat manusia.

Lewat musik, bahkan manusia bisa diketahui belajar ilmu pasti atau ilmu sosial, sob.

Baca Juga : Warna Sepatu Converse Yang Lo Pakai Menunjukkan Kepribadian Lo

Menghubungkan Musik dengan Cara Berpikir

Untuk mempelajari hal tersebut, Greenberg ngelakuin penelitian studi kasus beragam kepada 4000 partisipan.

Editor : Rizki Ramadan

Latest