Follow Us

Buka Jalur Mandiri Lagi, Unpad Akan Terapkan Tes Tambahan di SMUP 2019. Dari Mulai TOEFL sampai Wawancara

Rizki Ramadan - Rabu, 06 Februari 2019 | 16:57
(Ilustrasi) tes bahasa Inggris TOEFL
iStockphoto

(Ilustrasi) tes bahasa Inggris TOEFL

HAI-online.com - Unpad punya kabar baik untuk lo para pejuang PTN. Tahun ini, mereka bakal buka ujian mandiri (SMUP) lagi, sob.

Tapi, bakal ada tes tambahan yang beda dari jalur mandiri lainnya.

Selain melihat nilai dari UTBK, Unpad akan menetapkan seleksi tambahan yang disesuaikan dengan kebijakan berbeda di setiap program studi.

"Beberapa program studi menyiapkan tes tambahan seperti TOEFL, portofolio, pratek, wawancara, serta tes tambahan yang sesuai dengan kekhasan prodinya masing-masing," ujar Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad. kepada Tribunnews.com

Tes tambahan khas akan diberlakukan pada jurusan Kedokteran, Kedokteran Hewan, dan kedokteran gigi yang mewajibkan calon mahasiswa mengikuti tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).

Baca Juga : 6 Tips Jitu Lolos SNMPTN ala Namira Adjani, Mahasiswi Fakultas Hukum UI

Menurut laporan Pikiran-rakyat.com, Unpad menetapkan tes ini karena tidak bisa diterapkan di SBMPTN. Alasannya, jumlah pendaftar SBMPTN yang banyak banget.

Jadi, nanti di SMUP akan ada dua tahap tes. Pertama, seleksi UTBK, kedua tes tambahan.

O ya, lo perlu tahu juga nih. Mahasiswa yang diterima lewat jalur SMUP nantinya akan dibebankan uang kuliah tunggal (UKT) yang sama kayak mahasiswa jalur lain. Tapi, mereka nilainya adalah UKT tertinggi ditambah Dana Pengembangan (DP). DP itu sendiri berkisar Rp 20-130 juta untuk prodi sains dan teknologi dan Rp 15-75 juta untuk prodi sosial humaniora.

Gimana, udah siap udah jadi Aa Teteh Unpad?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest