Follow Us

Mahasiswa UMP Meninggal Karena Hipotermia Saat Ikuti Diksar di Gunung Dempo. Ini Kronologinya

Rizki Ramadan - Rabu, 06 Februari 2019 | 14:17
(ilustrasi) Hipotermia
iStockphoto

(ilustrasi) Hipotermia

Hai-online.com - Firdaus (19) anggota Brigade Mahasiswa Pencinta Alam Semesta (BRIMPALS) universitas Muhammadiyah Fakultas Hukum Palembang, meninggal dunia saat melakukan Pendidikan Dasar (Diksar) di Gunung Dempo.

Mahasiswa semester 1 yang tercatat sebagai warga Mesuji ini diduga mengalami Hipotermia saat berada di puncak gunung. Ia dievakuasi pada Senin (04/02) lalu.

Bayu, Ketua Brimpals, mengatakan kalau Diksar dilakukan pada 26 Januari 2019 dan diikuti 26 mahasiwa.

"Kita juga sudah melakukan SOP untuk seluruh peserta Diksar meliput keterangan sehat, riwayat penyakit, izin keluarga serta izin izin lain maupun dari Kampus dan kepolisian, dari tanggal 26 Januari kita sudah di Pagaralam," kata Bayu dikutip dari Tribun Palembang.

Menurut Bayu, sebelum Firdaus meninggal, para peserta sedang beristirahat untuk makan lalu berkemas. Saat mau meninggalkan pelataran puncak Dempo, tiba-tiba Firdaus tidak sadarkan diri.

kami spontan langsung melakukan P3K serta menghubungi Forpa dan warga Kampung 4 Pagaralam Selatan untuk dilakukan evakuasi. Korban langsung di evakuasi ke RSUD lebih kurang pukul 04:00 WIB dikabarkan sudah meninggal dunia," jelasnyaBaca Juga : Mau Naik Gunung Semeru? Perhatikan 5 Hal Ini! Kapolres Pagaralam AKBP, Tri Saksono Puspo Aji melalui Kapolsek Pagaralam Utara AKP Herry Widodo, membenarkan kejadian tersebut. Hasil pemeriksaan sementara menunjukkan bahwa nggak ada kekerasan fisik yang dialami korban.

"Dugaan sementara terserang Hipo, kita masih memeriksa dan meminta keterangan dari saksi saksi, dari hasil pemeriksaan sementara tidak ditemukan adanya kekerasan fisik," tegasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Terkena Hipotermia Mahasiswa FH UMP Meninggal Dunia Saat Mendaki di Gunung Dempo Pagaralam, pagaralam.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest