Follow Us

Simak Info Lengkap Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang Jadi Syarat Wajib SBMPTN 2019

Ricky Nugraha - Senin, 04 Februari 2019 | 15:20
SBMPTN
UNS

SBMPTN

HAI-online.com - Selain lewat jalur SNMPTN, kalian juga bisa mendaftar untuk masuk ke perguruan tinggi yang kalian inginkan lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN.

Untuk menempuh jalur SBMPTN ini, para peserta diwajibkan melakukan persyaratan utama yaitu dengan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta peserta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Soal-soal ujian yang digunakan dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Pelaksanaan UTBK oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini memiliki beberapa keunggulan.

Baca Juga : Nggak Sejalan dengan Visi Kemendikbud, Sistem Akreditasi Sekolah Bakal Ditinjau Ulang

Pertama, tes dilakukan lebih dari satu kali dan yang kedua adalah peserta bisa mengikuti maksimal dua kali tes. Kemudain hasil tes akan diberikan secara individu sepuluh hari setelah pelaksanaan tes.

Selain itu, ada beberapa info lain seputar UTBK SBMPTN 2019 ini, seperti pengelompokan, jadwal UTBK dan biaya UTBK. Kalian bisa simak info lengkapnya di bawah ini:

Kelompok

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi dua, yang pertama kelompok Sains dan Teknologi (Sanitek).

Materi yang akan diujikan kelompok Sanitek meliputi Tes Potensial Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TPA) Sanitek, yakni Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Source : Tribunnews.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest