Follow Us

Video: Salvador Dali Dihidupkan Kembali dalam Wujud AI yang Bisa Berinteraksi

Ricky Nugraha - Minggu, 03 Februari 2019 | 17:00
Preview wujud AI Salvador Dali
The Dali Museum

Preview wujud AI Salvador Dali

HAI-online.com - Salvador Dalí dulu pernah berucap, "Jika suatu hari nanti aku mati, meskipun nggak mungkin, aku berharap orang-orang di kafe-kafe akan berkata, 'Dalí telah mati, tapi tak sepenuhnya.'"

30 tahun setelah kematiannya, seniman surealis kelahiran Spanyol ini nampaknya telah berhasil mewujudkan harapannya tersebut.

Dalí Museum yang berada di St. Petersburg, Florida, akan "menghidupkan kembali" Dalí dari kematian untuk membimbing para pengunjung di museum tersebut.

Ia akan dihadirkan kembali dalam wujud Artificial Intelligence (AI) sebagai bagian dari sebuah pengalaman interaktif bernama 'Dalí Lives' yang akan diadakan pada bulan April mendatang.

Dalí Museum menggunakan learning software dan serangkaian layar di seluruh ruang pamerannya untuk menghidupkan kembali seniman yang ikonik dengan kumisnya tersebut.

Baca Juga : Mural Karya Banksy untuk Korban Teror Paris Dicuri Sekelompok Orang

"Dalí dalam banyak hal bisa memprediksi masa depan dan memahami pentingnya sejarahnya," kata Dr. Hank Hine, direktur eksekutif di The Dali, dalam sebuah siaran pers.

"Teknologi ini memungkinkan para pengunjung merasakan karakter Dalí yang menarik perhatian, di samping koleksi karyanya yang tak tertandingi."

Institusi St. Petersburg telah bekerja sama dengan Goodby Silverstein & Partners of San Francisco (GS&P) untuk mengumpulkan foto-foto vintage, rekaman video, wawancara, dan semua arsip untuk membantu menyamakan karakteristik fisik dan perilaku Dalí dengan versi AI-nya tersebut.

Bahkan seorang aktor dengan ciri-ciri serupa dengan Dalí juga dipekerjakan untuk membantu simulasi AI tersebut.

Preview dari pengalaman interaktif 'Dali Lives' ini bisa kalian saksikan dalam video-video di bawah ini:

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest