Follow Us

Band Bandung Ikkubaru Rilis Single "Silent". Album Kedua Makin Deket, Nih

HAI Internship - Sabtu, 02 Februari 2019 | 09:14
Ikkubaru melepas single

Ikkubaru melepas single

Hai-Online.com - Coba deh, kalo dihitung-hitung udah ada berapa band dan musisi yang ngelahirin karya di awal tahun ini? Hmm banyak banget kan, tahun 2019, sepertinya menjadi tahun miliknya pasar musik lokal nih sob. Nggak cuma musisi dari industri aja loh, musisi jalur independen juga saling balap-balapan melahirkan karya terbaiknya.

Terbukti, untuk bulan Januari ini, masih ada lagi nih satu band kebangaan kota kembang Bandung, yaps Ikkubaru.

Kuartet pop asal Kota Bandung, Ikkubaru merilis single terbaru berjudul “Silent”. Single ini digadang-gadang menjadi penanda semakin dekatnya album kedua mereka menuju penyebaran. Ikkubaru memang sudah menjanjikan album keduanya akan dilahirkan tahun ini.

Perilisan ini merupakan jembatan atau perkenalan menuju album kedua dari band yang beranggotakan Muhammad Iqbal (vokal, keyboard dan gitar), Rizki Firdausahlan (vokal dan gitar), Muhammad Fauzi Rahman (bas) dan Banon Gilang (drum). Sebelumnya, pada akhir tahun lalu ikkubaru telah melepas lagu berjudul “Let It Swing” yang menjadi sajian pembuka dari album terbarunya nanti. Hadirnya “Silent”, sekaligus menjadi penanda semakin dekatnya album dimaksud menuju tanggal penyebaran.

Lagu “Silent” dipilih menjadi single unggulan dari album kedua yang masih dirahasiakan tajuknya. Dalam album kedua ini, mereka menjanjikan di dalamnya menawarkan pembaruan atau citra baru ikkubaru secara musikal. Nuansa city-pop yang biasanya melekat, perlahan mulai ditinggalkan, dan kini musik ikkubaru disinyalir bakalan lebih dipengaruhi oleh gaya bermusik para musikus-musikus sophisti-pop, namun tentu saja tetap diramu dengan gaya dan ke-khas-an ala ikkubaru.

Baca Juga : 'For a Minute' Lagu dari Endah n Rhesa Yang Ngajak Kita Ngasih Ruang Saat Pikiran Penat

Perubahan macam ini pastinya bukan tanpa resiko loh sob, meski sebetulnya merupakan hal yang lumrah dilakukan setiap musisi. Tapi lebih dari pada itu, ikkubaru telah menemukan formula atau kuncian untuk tidak ditinggalkan oleh pendengar lamanya dan merebut telinga pendengar-pendengar baru.

“Kami rasa, benang merah karya-karya ikkubaru itu ada di melodi, bukan di sub genre-nya. Oleh karenanya kami berusaha memaksimalkan hal itu dalam proses penciptaan. Kami mengedepankan pembuatan melodi yang kuat dan khas tanpa harus khawatir akan dibawa kemana hasil akhir kemasan musikal-nya nanti,” kata Muhammad Iqbal.

Lagu “Silent” sendiri secara kontekstual dijelaskan Muhammad Iqbal selaku pencipta lagu, adalah gambaran cerita tentang orang yang merenung atau berkontemplasi.

“Poinnya, semua hal yang dirasakan harus disyukuri dengan kejujuran pada diri sendiri, karena segalanya baik yang akan atau sedang dilalui harus dijalani dengan menyertakan lubuk hati paling dalam. Di mana hati berada, di situ “harta” tersimpan,” ujarnya.

Secara lirikal, lagu ini sangat terinspirasi oleh Paddy McAloon, seorang pentolan band asal Britania bernama Prefab Sprout. “Dia dulunya dibesarkan di lingkungan gereja dan membuatnya menjadi spiritualis,” kata Iqbal seraya menyebut pengaruh Prefab Sprout sendiri kemudian menyelusup ke segi musikalitas “Silent”.

Editor : Rizki Ramadan

PROMOTED CONTENT

Latest