Follow Us

'MOBA Kok Plagiat?' Bikin Karakter dengan Wajah Mirip Model, League of Legends Terancam Digugat

Bayu Galih Permana - Senin, 28 Januari 2019 | 16:30
Karakter Irelia dalam teaser League of Legends (kiri) dan juga Aya Shalkar (kanan)
League of Legends - Instagram / aya_shalkar

Karakter Irelia dalam teaser League of Legends (kiri) dan juga Aya Shalkar (kanan)

HAI-Online.com - Salah satu game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) besutan Riot Games, League of Legends baru saja merilis sebuah teaser berdurasi 3 menit 28 detik untuk musim 2019 pada Senin lalu (21/1).

Teaser dari yang hingga kini udah ditonton lebih dari 21 juta orang itu pun mendapatkan banyak respon positif dari para penggemar, bahkan beberapa di antaranya meminta League of Legends untuk diangkat ke layar lebar.

Namun, di balik banyaknya respon positif yang diterima terkait teaser terbaru League of Legends, Riot Games selaku developer saat ini juga terancam digugat oleh seorang model bernama Aya Shalkar.

Lho, kok bisa sih? Hal ini nggak lepas dari karakter Irelia dalam teaser tersebut, yang apabila diperhatikan memiliki banyak kemiripan dengan wajah dari Aya Shalkar.

Baca Juga : Udah Pernah Ketemu Zombie Hidup di PUBG Mobile? Begini Nih Caranya

"Aku udah menerima ratusan screenshot terkait karakter Irelia dari para pemain LoL yang bertanya apakah aku bekerja sama dengan kreator dari game itu. Dan jawabannya aku nggak pernah bekerja sama dengan mereka," terang Aya Shalkar melalui akun Instagram miliknya.

Akibat kemiripan tersebut, Shalkar pun menjelaskan bahwa dalam beberapa hari terakhir dirinya sering dipanggil Irelia di Instagram, yang kemudian membuat perasaannya menjadi campur aduk.

"Aku mengerti konsep "inspirasi". Namun, aku merasa perlu mempertahankan identitasku dalam kasus-kasus tertentu, terutama yang terjadi tanpa persetujuanku. Aku belum pernah ada dalam situasi seperti ini sebelumnya, dan perasaanku campur aduk," tambahnya.

Bahkan, Aya Shalkar sendiri mengaku bahwa dia telah berkonsultasi dengan beberapa ahli guna membantunya untuk menangani kasus semacam ini.

"Aku udah berkonsultasi dengan para profesional, dan apabila kalian pikir kasus ini juga bukanlah suatu kebetulan, bagikan ini dengan menandai League of Legends dan juga Riot Games untuk mendukungku. Terima kasih," tutup Shalkar dalam unggahannya pada Rabu kemarin (23/1).

Kalau menurut kalian sendiri gimana sob? Kira-kira kemiripan yang ada pada karakter Irelia dalam League of Legends dengan Aya Shalkar memang disengaja atau hanya kebetulan belaka? (*)

Source : Instagram

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest