Follow Us

Pengen Bikin Karya Musik? Ini 5 Tips Bikin Lirik Lagu Berkualitas

Alvin Bahar - Selasa, 22 Januari 2019 | 11:30
Ilustrasi Bikin Lagu
iStockphoto

Ilustrasi Bikin Lagu

HAI-ONLINE.COM - Perlu tau cara bikin lirik lagu yang bagus?

Bagian terpenting dalam sebuah lagu adalah lirik. Tanpa lirik, instrumental bakal terdengar ngantuk dan bikin bosan.

So, nggak heran dalam setiap penggarapan sebuah lagu, proses songwriting jadi tahapan yang sangat ditunggu-tunggu. Karena jelas, itu yang mereka ingin jual, di samping musiknya.

Tapi nggak banyak musisi yang memiliki kemampuan menulis lirik dengan baik. Mereka selalu terjebak dalam dua hal, tuntutan pasar mainstream dan kemauan diri sendiri.

Alhasil, banyak sekali lirik-lirik lagu yang nggak sempurna dan terkesan mentah. Jadi, buat meluruskan semua, HAI coba ngobrol bareng salah satu komposer dan songwriter andal di Indonesia, Yovie Widianto.

Baca Juga : Seperti Ini Bentuk Sinyal Wifi Kalo Terlihat Secara Kasat Mata

Buka Cakrawala Berpikir

Terkadang, saat kita mulai menulis sebuah lagu dengan cara menuangkan apa yang kita inginkan ke dalam empat hingga delapan bait lirik, pasti ada harapan pesan yang kita ingin sampaikan keluar tersendiri. Tetapi itu salah!.

“Usahakan tulis apa yang ada di dalam pikiran tanpa memikirkan dulu struktur lagunya bagaimana.,” jelas Yovie. Jangan sampai, kita terkurung dalam kata-kata yang ada.

Latih NalarMenulis lirik layaknya seorang balita tengah belajar berjalan. Harus ada repetisi di setiap hari demi membiasakan nalar atau kesadaran pikiran kita akan hal di sekitar.

“Jadi, pilih deh satu benda yang ada di sekitar kalian tiap hari. Terus tulis dan gambarkan benda tersebut selama 10-15 menit di atas kertas tanpa henti,” ucapnya. Latihan ini berguna melatih otak buat menjadi kreatif.

Halaman Selanjutnya

Mulai Cari Objek Utama
1 2

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest