Follow Us

Kabar Kalo Kominfo Blokir PUBG dan Mobile Legends Pada 31 Januari Itu Cuma Hoaks Belaka

Rizki Ramadan - Jumat, 11 Januari 2019 | 14:22
Keseruan Mini Competition Mobile Legends HAI
HAI

Keseruan Mini Competition Mobile Legends HAI

Hai-online.com - Lo yang atlet jempol pasti agak waswas saat mantau media sosial beberapa waktu lalu. Soalnya, ada kabar tuh yang menyebutkan kalao pada 31 Januari besok ada 10 games yang akan diblokir oleh Kominfo.

Kabar yang nyebar di Facebook sejak 5 Januari lalu itu berbunyi begini:

"Adapun sepuluh mobile game tersebut adalah Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG MOBILE: PlayerUnknown's Battlegrounds, Free Fire, Rules of Survival, Fortnite, Creative Destruction, CrossFire: Legends, Point Blank Online, dan Grand Theft Auto V."

Menurut pantauan Kompas.com, post itu udah mendapat 676 komentar dan telat di-share lebih dari 3.700 kali.

Nah, Hai mau mastiin nih kalau kabar tersebut cuma hoaks belaka.

Ferdinandus Setu, Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, menegaskan kalau itu hoask.

"Itu murni hoaks," katanya dikutip Kompas.com.

Kominfo memang punya aturan untuk games, tapi bukan memblokir 10 games tersebut di atas.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Elektronik, Kementerian Kominfo mengembangkan klasifikasi dengan membagi ketentuan penggunaan berdasarkan kategori konten dan kelompok usia penggunanya.

Adapun pembagian kelompok usia terbagi menjadi lima, yaitu kelompok usia tiga tahun atau lebih, kelompok usia tujuh tahun atau lebih, kelompok usia 13 tahun atau lebih, kelompok usia 18 tahun atau lebih, serta kelompok semua usia.

"Setiap kategori kelompok usia memiliki kriteria konten masing-masing," ujar Ferdinandus.

Ferdinandus menjelaskan, konten yang berkaitan dengan kekerasan hanya diperbolehkan untuk game dengan kriteria pemain usia 13 tahun ke atas dengan batasan tertentu.

"Di bawah 13 tahun tidak diperbolehkan adanya aksi atau tindakan kekerasan," ujar dia. Peraturan Menteri Kominfo yang telah berlaku sejak 15 Juli 2016 tersebut juga menyebutkan, masyarakat atau pengguna dapat menyampaikan pengaduan atas hasil klasifikasi.

Daftar klasifikasi dan media pengaduan dapat di akes lewat igrs.id.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "[HOAKS] Kominfo Blokir 10 "Game", Termasuk PUBG dan Mobile Legends ",

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest