Follow Us

5 Hal yang Perlu Lo Persiapkan untuk Meningkatkan Kesehatan Mental di Tahun Baru

Ricky Nugraha - Jumat, 04 Januari 2019 | 17:30
Ilustrasi menjaga kesehatan mental
iStockphoto

Ilustrasi menjaga kesehatan mental

HAI-online.com - Awal tahun selalu identik dengan resolusi tahun baru yang kerap kali diucapkan banyak orang. Resolusi ini biasanya merupakan keinginan tiap orang untuk menjadi lebih baik di tahun baru tersebut. Namun, satu hal yang kadang banyak orang lewatkan adalah tentang pentingnya memikirkan kesehatan mental.

Dilansir dari laman Forbes, seenggaknya ada lima hal yang bisa kita lakukan untuk menyehatkan mental dan pikiran.

Jika mental sehat, tentu kita juga bakal lebih sehat secara fisik dan lebih bahagia, ya nggak? Jadi, apa saja yang bisa kita lakukan?

Baca Juga : Nggak Follow Atta Halilintar, Ini 5 Tanda Kamu Bergaya Hidup Minimalis

1. Baik pada diri sendiri

Jangan terlalu keras pada diri sendiri sehingga lupa cara menikmati hidup. Fokuskan kembali perhatianmu pada semua hal yang kalian punya, target yang sudah tercapai dan orang-orang tercinta yang mendukungmu.

Pahamilah bahwa kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran. Kritik diri secara terus menerus dan perfeksionisme bisa meningkatkan stres, menurunkan produktivitas serta memicu penyakit mental.

Jadi, kuncinya adalah menerima diri sendiri serta menyusun target realistis dalam hidup. Luangkan waktu untuk istirahat dan kelilingi diri dengan orang-orang yang menyebarkan pesan positif dan memberikan dukungan.

2. Meditasi

Nggak ada bukti ilmiah yang membantah manfaat meditasi. Selain menghilangkan stres, meditasi juga bisa membantu tetap fokus, meningkatkan mood, meningkatkan memori, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Bahkan, meditasi dinilai membawa manfaat lebih besar daripada pergi berlibur. Cobalah untuk bermeditasi seenggaknya 10 menit setiap pagi untuk mendapatkan manfaatnya.

Source : Kompas.com, Forbes

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest