Follow Us

Makin Pintar, 10 Hal Ini Paling Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2018 di Internet

Al Sobry - Selasa, 25 Desember 2018 | 14:35
Makin Pintar, 10 Hal Ini Paling Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2018 di Internet!
Internet

Makin Pintar, 10 Hal Ini Paling Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2018 di Internet!

HAI-Online.com – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penggunaan internet saat ini nggak cuma dijadikan alat untuk mencari tahu gimana sih bikin ini dan gimana sih melakukan itu? Wah, apakah netizen Indonesia sudah semakin pintar, genk?

Untuk membuktikannya, belum lama ini raksasa search engine Google kembali merangkum pencarian terpopuler yang banyak dicari para penggunanya di Indonesia sepanjang tahun ini.

Nah menurut Google ada perubahan prilaku berinternet orang Indonesia jika melihat dari topik pencarian terpopulernya.

"Seperti tahun lalu, banyak pengguna yang mencari "How to" tapi tahun ini nggak," jelas Mira Sumanti, Search Marketing Manager Google Indonesia dalam acara Year in Search 2018 yang berlangsung di Jakarta, Kamis (13/12/2018) lalu.

Baca Juga : Kamu Pasti Udah Hafal, Ini 5 Lagu Paling Banyak Dicari di Internet Sepanjang 2018

Mira menambahkan perilaku pencarian itu bisa saja dipengaruhi jumlah penggunanya yang tahun ini didominasi oleh generasi muda. Kebanyakan mereka sudah menghasilkan karya dan menyebar kebaikan serta menginspirasi lewat konten yang dibuatnya.

"Tahun 2018 adalah tahun dimana anak muda Indonesia berkarya untuk Indonesia, untuk membawa kebaikan inspirasi dan mengharumkan nama bangsa", jelas Mira lagi tersirat bangga. Pengaruh lainnya, bisa jadi Asian Games 2018 yang digelar di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Masyarakat jadi ingin mengetahui update perolehan medali selama event berlangsung, daripada mencari tahu gimana sih cara buka kaos ala jojo?

"Karena itu, saat Asian Games 2018 kami membuat fitur khusus untuk memudahkan informasi perolehan medali," imbuh Mira lagi mencoba melayani kebutuhan pengguna internet belakangan ini.

Baca Juga : Jijik Mas, Biar Aku Saja! Ini 10 Meme Terngakak Sepanjang 2018

Meski begitu, secara keseluruhan Google Indonesia merilis apa saja topik yang dicari pengguna internet Indonesia. HAI memilih 10 dari 15 yang disajikan. Mungkin, kamu pernah mengetiknya dalam situs pencarian di google.

  1. Piala Dunia Rusia 2018
  2. Asian Games 2018
  3. Piala AFF 2018
  4. Karna Su Sayang
  5. Nissa Sabyan
  6. Deen Assalam
  7. Meraih Bintang - Via Vallen
  8. AFC Champions League 2018
  9. Indonesia Idol 2018
  10. Dilan 1990
FYI, Google menegaskan bahwa daftar topik pencarian terpopuler yang dipublikasikannya tersebut tidak diurutkan berdasarkan ranking popularitasnya. So, kamu pernah dong ngetik merek! Artikel ini tayang lebih dulu di Kompas.comdengan judul 15 Hal yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia di Google pada 2018.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest