Follow Us

Mengenal Medical Oxygen Regulator, Alat dalam Tayangan YouTube yang Ditonton Eril Dardak sebelum Meninggal

Bayu Galih Permana - Sabtu, 15 Desember 2018 | 17:00
Ilustrasi Medical Oxygen Regulator
iStockphoto

Ilustrasi Medical Oxygen Regulator

HAI-Online.com - Pada hari Rabu lalu (12/12), masyarakat seluruh Indonesia dikejutkan dengan kabar mengenai meninggalnya salah satu politisi muda, Eril Ario Listanto Dardak di dalam kamar kosnya.

Dari hasil olah kejadian perkara, pihak kepolisian mendapati sebuah tayangan YouTube berjudul 'Oxygen Regulator Medical' yang ditonton oleh adik dari Bupati Trenggalek tersebut beberapa saat sebelum meninggal.

Sebenarnya alat apa sih itu?

Apabila dilihat dari bahasa medis, apa yang ditulis oleh Eril Dardak kemungkinan besar mengacu pada sebuah alat bernama medical oxygen regulator atau lebih dikenal dengan sebutan pengatur oksigen medis.

Baca Juga : Terungkap, Ini Satu-satunya Bagian Tubuh yang Nggak Berubah di Luar Angkasa

Menurut seorang dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan, RR Diah Handayani, SpP (K), medical oxygen regulator merupakan sebuah alat yang berfungsi mengatur volume, tekanan, dan kelembapan oksigen yang diberikan ke pasien.

Alat ini biasanya dihubungkan dengan tabung air untuk menambah kelembapan karena oksigen di dalam tabung agak kering, nggak sama seperti udara yang biasanya kita hirup di alam bebas.

“Sebab, ketika kita menghirup oksigen dari udara bebas kan ada hidung yang mengatur kelembapan. Tapi kalau oksigen yang kita hirup dari tabung itu agak sedikit berbeda, agak kering,” terang Diah seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com.

Selain itu, medical oxygen regulator juga digunakan untuk mengukur seberapa kering dan berapa jumlah udara yang udah dikeluarkan oleh tabung.

“Bisa saja itu (oksigen) keluarnya langsung banyak, dan itulah yang berbahaya kalau ada percikan api di sekitar. Kan namanya api itu dibakar menggunakan oksigen. Di situlah berbahayanya," tambahnya.

Lalu kondisi seperti apa sih yang mengharuskan manusia menerima oksigen tambahan?

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest