Follow Us

Masa Sih Smartphone Android Lebih Mudah Terkena Malware Dibanding iPhone? Begini Penjelasannya

Bayu Galih Permana - Minggu, 09 Desember 2018 | 17:42
Ilustrasi Malware
iStockphoto

Ilustrasi Malware

HAI-Online.com - Pada pernah denger mitos yang mengatakan kalau smartphone berbasis Android lebih gampang terkena virus ataupun malware dibandingkan dengan iOS nggak?

Ungkapan tersebut kayaknya memang bener adanya deh sob.

Dilansir dari NexTren.com, salah satu perusahaan cybersecurity asal Amerika Serikat, Fortinet baru-baru ini merilis data mengenai perangkat seluler yang kerap menjadi sasaran malware.

Menurut data dari Fortinet, jumlah serangan malware yang terjadi pada smartphone bersistem iOS hanya menyentuh angka sebesar 0,000311% pada kuartal ke tiga di tahun 2018 ini.

Sedangkan untuk perangkat berbasis Android, pada kuartal ketiga di tahun 2018 ini total serangan malware mencapai hampir 14 kali lebih banyak dari perangkat iOS, yaitu sebanyak 14%.

Baca Juga : Masuk Google Ternyata Ngeri-ngeri Sedap: Tes Penerimaannya Lumayan Rese Nih

Kalo melihat data tersebut, tentu sudah dipastikan bahwa perangkat berbasis iOS menang telak dari segi keamanan jika dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan sistem Android.

Meskipun begitu, Country Director Fortinet Indonesia mengatakan bahwa nggak ada software security yang sejauh ini berani menjamin keamanan perangkatnya untuk tidak ditembus oleh malware.

Jadi, baik perangkat dengan sistem iOS ataupun Android, keduanya tetap saja rentan terkena malware karena masing-masing memiliki cela yang bisa disusupi oleh program jahat ini.

Maka dari itu, kita sebagai pengguna smartphone disarankan untuk melakukan backup pada file-file penting secara rutin sehingga jika nantinya terkena malware, data yang hilang bisa dikembalikan dengan mudah.

Jadi buruan deh sob backup data-data pentingmu, soalnya kita kan nggak tahu kapan malware datang menyerang! (*)

Source : Nextren.grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest