Follow Us

Gara-gara Pemerintah, Google Maps di Korea Selatan Nggak Bisa Digunakan Maksimal

Ricky Nugraha - Minggu, 09 Desember 2018 | 17:32
Peta Korea Selatan
Google Maps

Peta Korea Selatan

HAI-online.com - Google Maps adalah aplikasi peta yang sangat membantu dalam mencari lokasi tujuan karena sifatnya yang dapat diakses lewat gadget dan punya peta yang cukup akurat.

Namun, kegunaan Google Maps ini nampaknya nggak bisa dirasakan secara maksimal oleh orang-orang yang berada di Korea Selatan.

Pasalnya, pemerintah Korea Selatan sempat menolak permintaan Google untuk memberikan peta detail Negara Ginseng tersebut. Padahal, Google telah meminta izin peta baru Korea Selatan sejak tahun 2016.

Komite gabungan pemerintah Korea Selatan menolak permintaan Google tersebut karena masalah keamanan negara.

Sebelumnya, Google telah meminta akses detail Korea Selatan, termasuk informasi navigasi serta petunjuk mengemudi Korea Selatan pada 2010, namun juga ditolak oleh pemerintah.

Baca Juga : Di Akhir Tahun 2018, Asus Luncurkan 4 Laptop Gaming Murah dan Gahar

Korea Selatan yang secara teknis berperang dengan Korea Utara sejak gencatan senjata pada 1953 memang memiliki peraturan yang ketat terkait pengungkapan informasi peta wilayahnya.

Aturan yang ada saat ini nggak mengizinkan beredarnya peta detail negara untuk ditempatkan di server luar negeri.

Google sendiri telah membangun sebuah server di Korea Selatan untuk memberi layanan peta dalam kapasitas terbatas.

Meskipun ada masalah keamanan terkait dengan Korea Utara, pemerintah Korea Selatan tetap memberikan akses peta kepada Naver dan Kakao. Tujuannya adalah melindungi kepentingan bisnis lokal.

Saat ini, karena keterbatasan Google Maps, pengguna internet di Korea Selatan menggunakan layanan Naver Maps untuk keperluan navigasi sehari-harinya.

Source : ZDNet, Info Komputer

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest