Follow Us

SMAN 1 Blahbatuh Bangun Alat Pengangkut Sampah di Sungai Terjal

Rizki Ramadan - Kamis, 29 November 2018 | 19:56
Siswa SMAN 1 Blahbatuh Bangun Alat Pengangkut Sampah di Sungai Terjal
Kiram/HAI

Siswa SMAN 1 Blahbatuh Bangun Alat Pengangkut Sampah di Sungai Terjal

HAI-online.com – Kebiasaan masyarakat buang sampah sembarangan itu emang nyebalin banget. Padahal buang sampah di tempatnya itu nggak butuh usaha yang berat. Padahal (lagi) dampak buang sampah sembarangan itu udah ketauan nggak enaknya.

Masalah itulah yang diangkat oleh Winda dan Dwira dari SMAN 1 Blahbatuh. Di Toyota Eco Youth 11 ini mereka bikin alat pengangkut sampah di tebing sungai terjal. Jadi, di belakang pura sekitaran Ubud, nggak jauh dari sekolah, ada sebuah tebing yang sering jadi tempat orang buang sampah sembarangan.

“Kami pernah mencoba angkut sampah di sana, kami dapet 20 karung. Sekitar 150 kg sampah ada di situ,” kata Winda.

Baca Juga : Begini 5 Negara Cegah Sampah Masuk ke Lautan. Indonesia Bisa Terapin yang Mana Nih?

Di atas tebing tersebut memang ada jembatan tempat kendaraan dan orang-orang lalu lalang. Celakanya, banyak dari orang lewat di situ yang suka buang sampah ke sungai.

Nah, karena tebing untuk turun ke sungai itu terjal, sampah-sampah di bawah jadi sulit diangkut. Kalau dibiarkan, bisa menyumbat arus sungai, mengotori lahan, dan kalo kebawa arus, bisa ikut menyebabkan banjir. Gawat deh.

SMAN 1 Blahbatuh Bangun Alat Pengangkut Sampah di Sungai Terjal
Kiram/HAI

SMAN 1 Blahbatuh Bangun Alat Pengangkut Sampah di Sungai Terjal

Dari situlah Winda dan Dwira kepikiran untuk bikin alat pengangkut sampah. Mereka mau membersihkan sampah-sampah di bawah bisa dibersihkan.

Proyek mereka ini dimulai sejak September lalu. Nggak pake lama, mereka mulai meninjau lokasi, bikin rancangan alat, lalu lanjut bikin alatnya ke bengkel.

Lewat video yang dipresentasikan ke para dewan juri, terlihat Winda dan Dwira ngajak temen-temen di sekolahnya dan warga sekitar untuk ikut menyaksikan pemasangan alat.

Sampai saat ini, alat pengangkut sampah sudah sampe 4 kali dikembangkan. Mereka selalu mengevaluasi proses pengangkutan lalu langsung mencari solusi fisikanya agar kekurangan bisa diperbaiki.

Bahkan, di pengembangan keempat, mereka merencanakan alat bisa digerakkan oleh dinamo sehingga semakin memudahkan warga.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest