Follow Us

Ilmuwan Inggris Perkirakan Jadwal Penemuan Alien dalam Satu Dekade

Ricky Nugraha - Jumat, 23 November 2018 | 10:04
Ilustrasi alien
iStockphoto

Ilustrasi alien

HAI-Online.com - Ilmuwan di Inggris memperkirakan bahwa tanda kehidupan alien akan ditemukan oleh manusia dalam 10 hingga 20 tahun mendatang.

David Clements, seorang ilmuwan dari Imperial College London mengatakan, pengamatan tata surya dan kemajuan teknologi yang terjadi saat ini membuat peluang untuk menemukan kehidupan di luar bumi dalam waktu dekat makin besar.

Hal ini disampaikan Clements dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of British Interplanetary Society tentang Fermi Paradox, teka-teki tentang eksistensi alien, bentuk kehidupan lain yang seharusnya melimpah di semesta tapi tak pernah kita temukan.

Untuk mengungkap paradoks tersebut, Clements melihat sejarah kehidupan di Bumi dengan mempelajari kondisi apa yang dianggap perlu bagi kehidupan untuk ada serta keberadaan planet dan bulan yang berpotensi dihuni di tata surya.

Baca Juga : Datar? Kuno! Ada Teori Bumi Itu Sebenarnya Berbentuk Donat. Ini Pendapat Para Ahli

Ia menemukan bahwa ada kehidupan di beberapa bagian di Bumi yang dianggap tak bisa ditinggali seperti di bawah es Antartika yang dalamnya bermil-mil.

Dengan fakta ini, ia berpendapat bahwa sejumlah benda langit yang memiliki kondisi serupa bisa saja ada kehidupan, seperti bulan-bulan raksasa Jupiter dan Saturnus.

"(Meski begitu,) kita dibiarkan dengan prospek mengerikan bahwa galaksi mungkin dipenuhi kehidupan, hanya saja semua kecerdasan di dalamnya terkunci di bawah lapisan es yang sulit ditembus, tak bisa berkomunikasi atau memahami keberadaan alam semesta di luar," tulis Clements dalam studinya dikutip dari Newsweek.

Clements kemudian menjelaskan bahwa dalam 10 hingga 20 tahun ke depan akan ada sejumlah misi dan fasilitas pengamatan antariksa.

Baca Juga : Caper Sama Alien, Ilmuwan Bakal Tembakkan Laser ke Luar Angkasa

Fasilitas inilah yang menurut Clements bisa meningkatkan kemampuan kita mendeteksi kehidupan di semesta lain. Salah satu misi yang dianggap menunjang itu adalah peluncuran Teleskop James Webb.

Apa yang disampaikan Clements diamini oleh Claudio Grimaldi dari Ecole Polytechnique Prancis Fédérale de Lausanne (EPFL). Namun, Grimaldi tetap nggak setuju dengan argumen Clements bahwa bulan es menawarkan kesempatan menemukan kehidupan dibanding planet lain yang mirip Bumi.

Grimaldi juga mengingatkan untuk nggak membuat kesimpulan terlalu banyak terkait kehidupan di antariksa hanya dari pengalaman hidup di Bumi.

Source : Kompas.com, Newsweek

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest